Papua Pos | Korannya orang Papua

Switch to desktop

Taksir item ini
(0 pilihan)

Kesehatan Ibu dan Anak Penting!

JAYAPURA[PAPOS] - Dinas kesehatan provinsi Papua tahun ini memprioritaskan program  peningkatan pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak, imunisasi serta pencegahan penyakit menular seperti malaria, TB dan HIV/Aids.

Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Papua, Drg.Josep Rinta kepada wartawan belum lama ini mengatakan, program prioritas itu untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak serta menurunkan angka kesakitan.

“Prioritas kita hampir sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Tapi tahun 2013 ada peningkatan capacitas building, bagaimana kita mengupayakan secara lebih optimal pelayanan kesehatan berjalan dengan baik,”ungkapnya.

Ia menjelaskan, program dinas kesehatan salah satunya adalah merevitalisasi program-program di puskesmas, posyandu dan layanan rujukan di beberapa rumah sakit. Sehingga diprioritaskan  adalah untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak, dan meningkatkan cakupan program imunisasi, untuk memberikan kekebalan. Itu yang prioritas.

Selain itu, Josef Rinta mengatakan, tahun ini 2013 pemprov Papua menyiapkan tenaga kesehatan di Papua. Pasalnya, sampai saat ini Papua masih mengalami kekurangan tenaga kesehatan. Dinas kesehatan akan membuka kelas khusus Poltekes di setiap kabupaten, bekerjasama dengan dinas kesehatan Provinsi dan Poltekes Jayapura.

Josef Rinta menginformasikan tahun ini dinas kesehatan telah mengajukan penambahan tenaga kesehatan tiap-tiap kabupaten untuk membuka program diploma strata tiga [D3] seperti kebidanann, keperawatan sesuai dengan kebutuhan tenaga kesehatan.

“Apabila telah dibuka Poltekes tidak yang berminat maka kita mendidik Sekolah Perawat Kesehatan [SPK] atau bidan  C setara dengan SLTA agar orang asli Papua mempunyai kesempatan menjadi tenaga kesehatan,”terangnya.

Hal ini sebagai keberpihakan dalam memberikan kesempatan terhadap orang asli Papua menjadi tenaga kesehatan, pembukaan kelas khusus bagi orang asli Papua jadi harus pararel.

Namun demikian dinas pihaknya tetap membuka kelas umum bagi siapapun yang ingin sekolah, karena Negara ini adalah NKRI. Tetapi keberpihakan terhadap orang asli Papua lebih diutamakan yakni memberikan kesempatan terhadap orang asli Papua untuk sekolah di bidang kesehatan.[tho]

Terakhir diperbarui pada

Berikan komentar

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.


Anti-spam: susun gambar berikut

Papua Pos | Korannya Orang Papua

Top Desktop version