Papua Pos | Korannya orang Papua

Switch to desktop

Taksir item ini
(1 Pilih)

Pertumbuhan Ekonomi Papua di Atas Rata-Rata

JAYAPURA [PAPOS] - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil menengah Syarief Hassan mengatakan rasa kebanggaannya karena pertumbuhan ekonomi Papua melebihi diatas rata-rata nasional.

“Yang membuat saya bangga, karena pertumbuhan ekonomi di Papua melebihi diatas pertumbuhan angka rata-rata nasional. Saya tau pasti pertumbuhan ekonomi di Provinsi Papua sekarang pada kwartal pertama sudah mencapai angka tujuh persen,”kata Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Syarief Hassan dalam sambutannya pada pembukaan seminar kewirausahaan bagi mahasiswa dan Perguruan Tinggi se Jayapura /UMKM binaan Perbankan se Kota Jayapura yang berlangsung kemarin Senin (3/4) di Aula USTJ Abepura – Kota Jayapura.

Sebab jika dilihat, Pertumbuhan ekonomi secara nasional sejak lima tahun terakhir ini mengalami tingkat pertumbuhan ekonomi nasional selalu diatas rata –rata enam persen. Namun untuk Papua justru melebihi angka tersebut, yakni tujuh persen.

Hal ini menurut Menkop karena kekuatannya gubernur yang saat ini dipilih adalah memiliki visi agar ekonomi Papua semakin meningkat kedepan. “Implikasinya dapat dilihat bahwa tingkat pengangguran yang terjadi Provinsi Papua jauh lebih rendah dibandingkan dengan di tingkat nasional secara rata –rata.

Namun menurutnya hal ini belumlah cukup. Untuk itu dirinya mengajak agar bersama – sama ditingkatkan ekonomi Papua. Dengan demikian program pemerintah pusat, master plan pembangunan Papua dan Papua Barat akan menjadi kenyataan kedepan yang lebih baik sesuai dengan yang direncanakan bersama.

Untuk itu menteri juga mengucapkan terima kasih terhadap acara ini karena hal ini merupakan gerakan kewirausahaan nasional, bagaimana suatu gerakan yang timbulkan oleh generasi muda Papua bagaimana menangkap peluang yang sudah diciptakan oleh pemerintah dan juga, bagaimana peluang yang betul – betul dapat diraih. Agar  generasi muda Papua bisa memberikan kontribusi selain kepada diri sendiri, juga memberikan kontribusi ekonomi kepada keluarga dan juga lingkungannya serta kepada bangsanya.

Salam Presiden SBY Saat memberikan sambutannya itu, menteri juga mengutarakan salam yang disampaikan kepala negara Presiden Susilo Bambang Yudoyono kepada generasi muda di Papua. Sebab saat ini, Pembangunan di Provinsi Papua dan Papua Barat menjadi prioritas pemerintah pusat.

“Bagaimana meningkatkan ekonomi Papua pemerintah pusat sangat mendukung, kita ingin agar Provinsi Papua akan lebih eksis lebih meraih oportunity. Sebab  yang sekarang sudah semakin baik,”pujinya.

Seperti diketahui dalam kunjungan kerja selama sehari di Jayapura, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI Syarif Hassan juga membuka dengan resmi Gerakan Kewirausahaan Nasional 2013 Spirit of Global Enterpreneurship dengan thema "Daripada kesana kemari cari kerja lebih baik buka usaha"

Selain itu juga memberikan bantuan sosial kepada tujuh koperasi diantaranya  KSU Baliem Arabia, sebesar Rp. 100 juta.

Selain itu juga memberikan bantuan dana bagi pengembangan koperasi dan juga wanita perkasa kepada Koperasi wanita Philia – Kota Jayapura,

Koperasi Manne Manbi – Kota Jayapura. Kemudian KUD Sosiri – Kabupaten Jayapura, KUD Awur – Kabupaten Keerom dan  Koperasi Serba Usaha (KSU) Badani dari Kabupaten Keerom.

Setelah itu menteri  koperasi dan UKM didampingi Gubernur Papua  Lukas Enembe mengunjungi stand pameran usaha kecil menengah yang dikelola oleh para mahasiswa seperti stand USTJ Jayapura, Stisipol Silas Papare, Universitas Yapis, Universitas 10 Nopember dan juga stand – stand BUMD/BUMN  yang ada di Jayapura seperti Pertamina dan dunia perbankan.[tho]

Terakhir diperbarui pada

Berikan komentar

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.


Anti-spam: susun gambar berikut

Papua Pos | Korannya Orang Papua

Top Desktop version