Papua Pos | Korannya orang Papua

Switch to desktop

Taksir item ini
(1 Pilih)

Rakyat Papua Minta Hadiah Pemekaran ke Presiden

Pembahasan dengar pendapat di Komisi II DPR RI, Selasa malam.JAKARTA [PAPOS] – Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Agustina Basikbasik mengemukakan, rakyat Papua meminta hadiah kepada PresidenSusilo Bambang Yudhoyono di jelang peringatan 50 tahun emas integrasi Papua ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hadiah itu berupa pemekaran sejumlah daerah otonom baru (DOB) di seluruh wilayah Tanah Papua. Kata legislator anggota DPR asal Papua itu, kado ulang tahunemas Papua integrasi ke pangkuan Ibu Pertiwi harus diberikan oleh presiden.

“Pada 1 Mei 2013, genap 50 tahun Papua kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi. Ini adalah tahun emas sehingga tak salah kalau pada ulang tahun ini Bapak Presidenmemberikan hadiah yang menyenangkan dan membahagiakan bagi rakyat Papua sebelum akhir masa jabatan,” ujar Agustina Basikbasik saat berlangsung Rapat Kerja(Raker) di Gedung DPR/MPR Senayan, Jakarta, Rabu (20/1).

Raker dihadiri anggota Komisi II DPR, anggota Kaukus Papua di Parlemen RI, Penjabat Gubernur Papua Constant Karma, Gubernur Papua Barat Abraham OctovianusAtururi, Ketua DPRP John Ibo, Ketua DPR Papua Barat Yohanes Auri, Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) Timotius Murib dan Ketua Majelis Rakyat Papua Barat, parabupati dan pimpinan DPRD seluruh Papua dan perwakilan dan masyarakat DOB seluruh Papua.

Menurut Agustina yang juga anggota Fraksi Partai Golkar, hadiah pemekaran akan menjadi kenangan khusus dari Presiden Yudhoyono bersama jajaran MenteriKabinet Indonesia Bersatu II dan anggota DPR RI periode 2009-2014 yang akan mengakhiri tugasnya tahun depan.

Ia menambahkan, pada dasarnya aspirasi masyarakat terkait pemekaran murni datang dari masyarakat untuk mencapai kesejahteraan. Perjuangan pemekaransesungguhnya sudah berjalan sekian lama namun belum terwujud karena berbagai kendala.

Dalam raker, diusulkan sejumlah daerah otonom baru (DOB) baru di seluruh wilayah Tanah Papua. Daerah otonom baru tersebut terdiri dari provinsi dankabupaten/kota. Sejauh ini sudah diusulkan delapan calon daerah otonom baru seperti Provinsi Papua Selatan, Papua Barat Daya, dan lain-lain. Termasuk  sejumlah calon DOB kabupaten/kota. [ros]

Terakhir diperbarui pada

Berikan komentar

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.


Anti-spam: susun gambar berikut

Papua Pos | Korannya Orang Papua

Top Desktop version