Papua Pos | Korannya orang Papua

Switch to desktop

Taksir item ini
(1 Pilih)

Ijin 13 Perusahaan HPH Terancam Dicabut

JAYAPURA [PAPOS] - Sebanyak 13 perusahaan yang mengoperasikan Hak Pegusahaan Hutan (HPH) di Provinsi Papua tengah diusulkan Dinas Kehutanan Provinsi Papua agar dicabut ijinnya.

Sumber Papua Pos di Dinas Kehutanan Provinsi Papua menyebutkan dinas tersebut saat ini sudah mengusulkan nama 13 perusahaan HPH tersebut kepada Gubernur Papua untuk dipertimbangkan lagi sebelum diserahkan kepada Menteri Kehutanan.

Sayangnya, sumber tersebut enggan menyebutkan perusahaan-perusahaan mana saja yang masuk dalam daftar 13 perusahaan yang akan dicabut ijinnya.

Menurut sumber itu, ijin 13 perusahaan itu akan dicabut sebab tidak memberikan kontribusi bagi kabupaten maupun Pemerintah Provinsi Papua. Selain itu, ijin hak pengelolaan pengusahaan hutan dari perusahaan-perusahaan  itu tidak berjalan.

Anggota Komisi B DPR Papua, Thomas Sondegau, ST kepada Papua Pos semalam via ponselnya mengaku menyetujui langkah Dinas Kehutanan Provinsi Papua.

Sebab, kata Thomas kehadiran sebuah perusahaan HPH mesti memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. “Tak hanya memberikan kontribusi bagi masyarakat local, namun bagi pemerintah daerah juga,” ucap polisi muda ini.

Menurut Thomas, jika perusahaan HPH tidak bisa memenuhi hal tersebut, maka langkah tegas harus diambil sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi daerah maupun masyarakat.

Masih menurut Thomas, semua perusahaan yang menanamkan investasinya di Papua mempunyai tanggungjawab social terhadap masyarakat lokal.

“Jangan terulang lagi seperti di era lalu-lalu, dimana masyarakat local hanya sebagai penonton saja, sementara hasil kekayaan alamnya dieksploitasi,” tutur Thomas.

Thomas yakin Gubernur Papua bisa mengambil langkah tegas kepada perusahaan-perusahaan HPH yang sudah tidak produktif lagi.

“Dengan kebijakan gubernur yang pro rakyat, saya yakin gubernur akan menyetujui agar 13 perusahaan HPH itu dicabut izinnya,” imbuh Thomas.

DPR Papua lewat Komisi B, kta Thomas siap melakukan pengawasan terhadap pengusulan dicabutnya 13 perusahaan HPH yang diusulkan kepada Gubernur Papua.[frm]

Terakhir diperbarui pada

Berikan komentar

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.


Anti-spam: susun gambar berikut

Papua Pos | Korannya Orang Papua

Top Desktop version