Papua Pos | Korannya orang Papua

Switch to desktop

Taksir item ini
(0 pilihan)

Polda Papua Bidik 4 Pejabat di Sorong Kota

JAYAPURA [PAPOS] - Polda Papua melalui Direktorat Reskrim Khusus dalam hal ini Subdit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) tengah membidik 4 calon tersangka kasus dugaan korupsi dana pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sorong, Papua Barat periode 2012-2017.

Keempat calon tersangka tersebut antara lain, Kepala Bappeda, Kepala BPKAD, Bendahara Sekwan dan salah satu anggota DPRD kota yang sementara ini masih aktif menjalani jabatannya di Pemerintah Sorong Kota.

Kabid Humas Polda Papua Kombes (Pol) I Gede Sumerta Jaya melalui Dir Reskrimsus Polda Papua, Kombes (Pol) Setyo Budiyanto saat dikonfirmasi Jumat (28/6) mengatakan, kasus ini masih penyidikan. Dari hasil penyelidikan tersebut tercantum 4 pejabat di Pemerintahan Sorong Kota yang nantinya akan ditetapkan sebagai calon tersangka.

Disinggung inisial dari masing- masing pejabat itu, Setyo mengatakan nanti saja sebab mereka belum resmi ditetapkan sebagai tersangka. “Kami sudah mengantongi masing-masing indentitas 4 pejabat tersebut,” ujarnya.

Dalam kasus ini, anggaran yang digelontorkan pada pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sorong berkisar Rp 5 Miliar. Namun dari dana itu salah satu anggota DPRD Kota Sorong menerima aliran dana tersebut sehingga tidak menutup kemungkinan pelakunya akan bertambah lagi.

“Mungkin saja pelakunya bisa bertambah lagi termasuk kepala daerahnya sendiri, setelah tim dari Polda Papua mengecek langsung kepada kepala daerah itu,” katanya. 

Ditambahkannya, mengenai kerugian atas kasus korupsi itu, Setyo mengatakan, saat ini BPKP bersama penyidik masih melakukan penghitungan. “Kami masih menghitung berapa besar kerugian Negara yang ditimbulkan atas kasus korupsi tersebut sehingga tentunya dijadikan dasar kepada penetapan para tersangka,” tukasnya. [tom]

 

Terakhir diperbarui pada

Berikan komentar

Make sure you enter the (*) required information where indicated.Basic HTML code is allowed.


Anti-spam: susun gambar berikut

Papua Pos | Korannya Orang Papua

Top Desktop version