25 Peserta Tampil Dalam Lomba Baca Puisi Tingkat SD Se – Yapen Selatan

25 Peserta Tampil Dalam Lomba  Baca Puisi Tingkat SD Se – Yapen Selatan
25 Peserta Tampil Dalam Lomba Baca Puisi Tingkat SD Se - Yapen Selatan

Serui— Komunitas literasi Saku (Sa Suka Buku) bekerja sama dengan komunitas wartawan Yapen-Waropen (Kawan Yapen) menggelar lomba baca puisi tingkat SD (Sekolah Dasar) se Kabupaten Kepulauan Yapen. Lomba baca puisi berlangsung di Aula Pertemuan Katolik Serui, Sabtu (19/10).

Lomba baca puisi yang digelar komunitas Literasi ini diikuti 25 peserta dari berbagai sekolah, kegiatan ini juga mengambil momen memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober Mendatang,

Dalam sambutan Ketua panitia penyelenggara M Hidayat mengatakan bahwa kegiatan lomba yang digelar untuk menanamkan rasa nasional sejak dini kepada generasi muda. “Melaui kegiatan ini adik-adik di sekolah dasar bisa menjiwai apa arti sumpah pemuda, dapat benar-benar menanamkan semangat nasionalisme dalam diri,’’ Ucapnya.

Selain itu, anak-anak sejak dini juga diajar mencintai buku dengan membaca. ‘’Ini juga kegiatan literasi baca, jadi sejak dini anak-anak diajar membaca buku, karena dengan membaca mampu membuka segala bentuk pengetahuan dan itu yang akan kami kembangkan melalui para generasi bangsa ini,’’ jelasnya.

Menurut ketua komunitas SAKU Lomba kecakapan dalam pembacaan puisi ini adalah merupakan kegiatan untuk melatih anak-anak percaya diri dan menyalurkan bakat yang dimiliki.

“perkara Menang atau kalah itu hal biasa dalam suatu kompetisi, yang penting sudah dapat berani tampil di muka umum dengan menunjukkan semangat,’’ Pungkas Darmaji.

Sementara itu Ketua KAWAN Yapen Anton Ginting yang turut hadir dalam kegiatan itu menyampaikan dukungan atas kegiatan tersebut sebagai pembinaan generasi muda. “Sebagai Insan Pers yang berada di wilayah Kepulauan Yapen kita turut mendukung kegiatan ini sebagai ajang membina generasi muda yang nantinya dapat melahirkan generasi yang mampu dan miliki mental kuat,” Ujarnya.

Ia juga berharap agar kegiatan yang dilaksanakan oleh Komunitas literasi Saku dapat menjadi agenda tahunan dengan skala lebih besar lagi. “Kegiatan seperti ini jangan berhenti sampai disini aja kalau bisa dilaksanakan sebagai agenda tahunan, tentunya dengan para peserta yang lebih banyak lagi” harap Ginting.

Dari hasil penilaian dewan juri tapil sebagai juara 1 (satu) Clinton Yawandare dari SD Katolik Bunda Maria, juara 2 (dua) Ailsa Yumna Larissa Putri dr SD Yapis Serui, dan untuk juara 3 (tiga) Ambrawati Wamea dari SD Inpres Famboaman. (Rich/Itink)

ID:2487 Responsif

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below