by

Penenanganan Bencana Butuh Kerjasama Antar Lembaga

KOBAKMA (PAPOS) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mamberamo Tengah menggelar kegiatan kerja sama antar lembaga dan kemitraan dalam teknik pencegahan kejahatan, Selasa (26/3/2024).

Kegiatan yang digelar di aula RSUD Lukas Enembe dibuka secara resmi oleh Asisten I Lepius Yikwa,S.Sos mewakili Penjabat Bupati didampingi Kadis BPBD Daniel Pagawak.

Dalam kegiatan itu menghadirkan pemateri Yulius Waisimon dari Satpol PP dan Apolos Brabar dari Dinas BPBD maupun Dinas BPBD Jayawijaya.

Asisten I Setda Lepius Yikwa mengatakan, penanganan bencana alam perlu melibatkan kemitraan bersama antar lembaga, dimana BPBD sebagai garda terdepan.

“Dalam penanganan bencana tidak bisa BPBD berjalan sendiri, namun harus ada kerja sama antar lembaga, dimana BPBD merupakan garda terdepan,” ujarnya.

Langkah ini perlu dilakukan agar bisa meminilisir bencana alam sejak dini yang tidak diketahui kapan terjadi.

Untuk itu, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peserta, sehingga harus mengikutinya dengan baik.

“Saya berharap, setelah kegiatan selesai, peserta dapat juga melakukan sosialisasi di kampung maupun tempat tinggalnya,” ucapnya.

Sementara Kepala Dinas BPBD Daniel Pagawak mengatakan kegiatan ini digelar sebagai upaya mengantisipasi sebab Kabupaten Mamberamo Tengah merupakan daerah rawan longsor dan banjir.

“Seperti yang kita tahu, kabupaten ini merupakan daerah rawan bencana tanah longsor, maka kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada peserta akan bahaya yang ditimbulkan,” ujarnya.

Menurutnya,untuk penanganan pencegahan banjir dan longsor tentu harus melibatkan dinas-dinas lain, salah satunya lewat kegiatan seperti ini.

Untuk itu, dia berharap agar peserta dapat menyimak dengan baik sehingga setelah selesai dapat menerapkannya.(Redaksi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed