by

Musyawarah Pertama DKTP Devisi Budaya Saireri Kapulauan Yapen Digelar

-Daerah-1,738 views

SERUI [PAPOS] – Musyawarah Daerah (musda) ke-I DKTP (Dewan Kesenian Tanah Papua) untuk wilayah Saireri Kabupaten Kepulauan Yapen di gelar untuk pertama kalinya. Kegiatan ini berlangsung  selama dua hari yaitu 24 s/d 25 Mei 2019.

Musyawarah yang membahas tentang pengembangan seni dan budaya Papua ini, juga akan melakukan pemilihan pengurus baru DKTP Wilayah devisi budaya Kabupaten Kepulauan Yapen untuk masa bakti  2019 sampai dengan 2024.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Kepulauan Yapen menegaskan “Dewan Kesenian Tanah Papua devisi wilayah Saireri Kabupaten Kepulauan Yapen adalah salah satu tulang punggung penggerak dan pembangunan bidang seni dan budaya yang dalam kiprahnya selama 18 tahun, telah memberikan bentuk kontribusi serta mengharumkan nama baik kabupaten kepulauan Yapen pada berbagai event pentas seni budaya baik di tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional,” Demikian ditegaskan Wakil Bupati Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos, MBA pada acara pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Kesenian Tanah Papua pertama wilayah Saireri kepulauan Yapen, di Gedung pertemuan Silaspapre kompleks Kantor Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen. Jumat (24/5).

Frans Sanadi berharap pengurus DKTP yang baru yang di tetapkan melalui Musda ke-I dapat menghidupkan eksistensi peran dan fungsi DKTP devisi budaya Saireri dalam mendukung bidang Seni dan Budaya di Kabupaten Kepulauan Yapen.

Dia menekankan DKTP devisi budaya Saireri semakin memberikan kontributif yang dapat mendukung pembangunan agar terwujudnya kenyamanan dalam keragaman budaya di kepulauan Yapen.

“Untuk DKTP bisa semakin kontributif guna mendukung visi pembangunan, mewujutkan Kepulauan Yapen yang lebih nyaman, lebih potensi keragaman seni dan budaya lokal yang telah di anugerah kan Tuhan di daerah yang kita cintai ini,” ujarnya.

Sementara itu ketua Dewan kesenian Papua Dr. Nomensen Mambraku di sela-sela acara Musda DKTP wilayah Kepulauan Yapen, menyampaikan apresiasi kepada pengurus organisasi daerah Yapen sebelumnya yang mampu meningkatkan karya seniman dengan mempertahankan identitas daerah tersebut.

“kita apresiasi dewan kesenian daerah ini mereka mampu ningkatkan seniman seniman daerah ini yang menggambarkan bahwa mereka mampu mempertahankan identitas daerah meraka,” ucapnya.

Menurut Nomensen, tujuan dari organisasi DKTP merupakan wadah untuk menggali, mewariskan serta mengembangkan nilai-nilai budaya daerah Papua sepaya semakin berkembang di setiap daerah yang ada di wilayah provinsi Papua.

“Tujuan utama dari dewan kesenian itu menggali, mewariskan dan mengembangkan nilai-nilai budaya Papua supaya berkembang di daerah masing-masing,”katanya

Nomensen menambahkan, kegiatan musyawarah DKTP dalam rangka pemilihan pengurus baru untuk devisi budaya Kabupaten Kepulauan Yapen dapat terlaksana dengan damai supaya tercapai kesepakatan yang baik demi kebangkitan seni dan budaya di daerah kepulauan tersebut.  [RST]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed