STKIP PGRI Papua Serui Gelar Dies Natalis Ke-1

STKIP PGRI Papua Serui Gelar Dies Natalis Ke-1
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Papua melaksanakan Dies Natalis Ke-1

Serui – Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Papua melaksanakan Dies Natalis Ke-1 (Pertama), kegiatan ini digelar dalam rapat senat terbuka bertempat di gedung pertemuan Silas Papare, Rabu (16/10/2019).

Sekolah tinggi yang terletak kota Serui kabupaten Kepulauan Yapen ini berdiri sejak tahun 2010 dengan kerjasama Universitas Cendrawasih (UNCEN), sejak berdirinya upaya proses izin legalitas Sekolah Tinggi ini terus diupayakan.

Akhirnya Pada tanggal 16 Oktober 2018 secara resmi STKIP PGRI Papua mendapatkan izin resmi dari Mentri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dengan nomor : 908/I/KP/2018.

Ketua Senat STKIP PGRI Papua Drs. Orgenes Runtuboi MSi dalam sambutanya menyampaikan sejarah terbentuknya STKIP di Kabupaten Kepulauan Yapen. disebutkan awal berdirinya perguruan tersebut didasari hasil keputusan Konferensi Daerah VII PGRI kepulauan Yapen Periode 2002-2007 yang ingin mengembalikan citra Kota mungil Serui tempo doloe sebagai “Kota Pendidikan”.

Upaya-upaya audensi terus dilakukan hinga pada tahun 2007 Pemerintah Daerah Kabupaten Yapen Waropen kala itu bersama DPRD mengalokasikandana APBD sebesar Rp. 2.000.000.000,- (dua milyart rupiah) dan dihibahkan kepada pengurus PGRI sebagai pembiayaan studi S2 bagi 36 Guru.

Pada tanggal 22 September 2010 menjadi awal berjalannya aktivitas akademik, dimulai dengan kuliah umum oleh Dr. Y. P. Runtuboi, M.Kes Dosen F.MIA Uncen Jayapura.

Delapan tahun berjalan STKIP PGRI Papua Serui telah berhasil menamatkan 685 Mahasiswa, alumninya sudah banyak bekerja dilembaga pemerintahan maupun di lembaga Swasta. Juga secara resmi telah memiliki izin operasional dari Menristek secara legal dapat mengemban Visi, Misi dan program kegiatannya di Serui Kabupaten Kepulauan Yapen.

Atas capaian itu, Orgenes Runtuboi selaku Ketua STKIP menyampaikan banyak terimakasih kepada semua pihak yang sudah dukungan dan bantuan sehingga perjuangan panjang tersebut dapat tercapai.

Sementara itu Bupati Kepulauan Yapen Tonny Tesar, S.Sos menyampaikan selamat kepada selurus civitas STKIP PGRI atas suksesnya pelaksanaan Dies Natalis Ke-1.

“Atas nama Pemerintah dan Masyarakat saya menyampaikan selamat kepada Civitas dies natalis pertama pada Tahun ini,” Ucap Bupati Tonny.

Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan STKIP PGRI sagat disukuri semua pihak sebagai sebuah kemajuan dibidang pendidikan di kabupaten Kepulauan Yapen.

“Kegiatan yang dilaksanakan hari ini sangat disukuri oleh kita semua tidak Civita STKIP PGRI Papua Serui sendiri tetapi juga pemerintah dan masyarakat sebagai ujut capaian pembangunan di bidang Pendidikan,” Tuturnya.

Bupati Tonny Juga berharap, STKIP PGRI Papua di tahun mendatang dapat membuka dan menambah lagi program Studinya sesuai degan kebutuhan dunia pendidikan yang terus berkembang, hingga nantinya pelajar yang mengemban pendidikan di sekolah tersebut dapat bersaing secara Nasional maupun Global.

“Kita berharap semoga di tahun-tahun mendatang dapat menambah dan membuka program sesuai perkembangan dunia pendidikan, agar putra putri Kepulauan Yapen dapat memiliki ilmu yang bersaing secara Nasional dan Global,” Tandas Bupati.

Kegiatan Rapat Senat terbuka tersebut dihadiri Bupati Kepulauan Yapen Tonny Tesar S,Sos, Wakil Bupati Frans Sanadi BSc, S.Sos MBA, Dandim 1709/ YAWA LETKOL Inf Leon Pangaribuan SH, Kapolres Kepulauan Yapen AKBP Penri Erison S,Pd, MM, Sekda Kabupaten Kepulauan Yapen Ir Alexander Nussi, Pimpinan OPD Pemda Kepulauan Yapen serta unsur Civitas dan Mahasiswa/i STKIP PGRI Papua Serui. (RIC)

ID:2487 Responsif

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below