by

Siriwa Akan Melakukan Penyesuaian Renstra

-Info Papua-656 views

JAYAPURA [PAPOS] – Setelah dilantik sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua, Ir. Semuel Siriwa akan melakukan penyesuaian sesuai nomenklatur terutama Rencana Strategi (Renstra) OPD.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua, Ir. Semuel Siriwa kepada wartawan di Jayapura, Rabu (21/8) mengatakan, Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua mencakup Tanaman Pangan Hortikultura, Perkebunan, Peternakan Kesehatan Hewan dan Tanaman Pangan.

“Kami akan segera melakukan penyesuaian terutama perubahan Renstra, jika Renstra selama ini hanya terkait Tanaman Pangan dan Hortikultura, maka nanti Renstra yang akan kami buat adalah Renstra yang mencakup tanaman pangan hortikultura, perkebunan, Peternakan kesehatan Hewan dan tanaman Pangan,” Kata Siriwa.

Sebagai kepala Dinas yang baru dilantik dengan bertambahnya tugas pokok dan fungsi, Siriwa berharap kepada eselon III dan IV serta seluruh staf agar dapat bekerja secara optimal dan bisa lebih baik.

“Mudah-mudahan dengan satu pintu seperti ini koordinasi tentang petani dengan petani jauh lebih baik, karena satu keluarga sebenarnya mengerjakan apa yang dikerjakan empat dinas selama ini sementara petani itu saja,” Terangnya.

Ia menilai dengan adanya penggabungan empat dinas menjadi satu pintu akan lebih mudah dalam mengontrol atau mengarahkan petani untuk melaksanakan program kegiatan.

Kami tetap mendukung dan menjabarkan visi misi gubernur, jadi kalau kemarin pak Gubernur menharapkan kepada OPD agar mampu menterjamahkan melalui program yang ada,” Tandasnya.

Siriwa optimis dalam beberapa tahun mendatang, pihaknya mampu mengurangi masuknya produk bahan makanan dari luar daerah, dengan cara meningkatkan hasil produksi lokal.

Kepada pers ia beberkan, keberhasilan meningkatkan produksi pangan padi yang mana pada 2014 baru mencapai 57, kian meningkat menjadi 63 persen di akhir 2018.

“Sebanyak 63 persen itu mencapai 235 ribu ton gabah kering. Demikian juga untuk komoditas tanaman pangan lainnya seperti jagung, kedelai maupun umbi-umbian yang kita akan terus dorong,” terang Semuel di Jayapura, Rabu (21/8), yang sehari lalu dilantik gubernur sebagai kepala OPD membawahi masalah tanaman pangan, perkebunan, peternakan dan ketahanan pangan.

Ia pastikan, pekerjaan rumah yang dihadapi saat ini adalah bagaimana menyiapkan pangan untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020. Dimana dari data terakhir, jumlah peserta iven empat tahunan yang bakal mengunjungi bumi cenderawasih, mencapai 23 ribu atlet dan official.

“Makanya kami sudah menyiapkan program dari dana APBN pada seluruh klaster untuk pengembangan holtikultura pada beberapa jenis pangan seperti buah-buahan dan sayuran”.

“Namun untuk peternakan saya belum dapat data, tapi untuk tanaman pangan seperti itu. Yang pasti kalau untuk beras tidak ada masalah, sebab stok dari Kabupaten Merauke tersedia. Nanti soal angkutan saja yang mungkin dari OPD terkait bisa memikirkan untuk transportasinya,” ucapnya.[tho]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed