Disperindag Papua Gelar Bimbingan Teknologi Pengasapan Ikan di Yapen

Disperindag Papua Gelar Bimbingan Teknologi Pengasapan Ikan di Yapen
Disperindag Papua Gelar Bimbingan Teknologi Pengasapan Ikan di Yapen

SERUI – Dinas Perindag Provinsi Papua menggelar bimbingan teknis pengolahan teknologi pengasapan ikan di Kabupaten Kepulauan Yapen, pelatihan ini di ikuti 20 orang peserta dari kalangan nelayan bertempat di halaman Kantor Dinas Perindustrian Kabupaten Kepulauan Yapen, Kamis 24 Oktober 2019.

Melihat letak geografis Kabupaten Kepulauan Yapen yang sebagian besar wilayah perairan, kegiatan ini dipandang sangat subjektif dalam pengembangan perekonomian nelayan baik melalui industri kecil,menengah dan aneka lainnya.

Kepala Dinas Perindag Provinsi Papua Laban Kareni SE menyampaikan harapannya dengan dilaksakan bimbingan teknologi pengolahan ikan ini menjadi sambungan informasi dan bisa membantu nelayan yang lain dalam mengembangkan perdagangan ikan di Kabupaten Kepulauan Yapen.

“Harapan dari kami dalam kegiatan Pengasapan ikan ini, Nelayan tak hanya menyajikan ikan dalam bentuk basah, tapi juga bisa membuat dan mengolah ikan sedemikian rupa hingga bisa menjadi makanan siap saji yang membuat konsumen tidak bosan dengan ikan, dan juga bisa memberikan informasi kepada nelayan lain untuk ikut ambil bagian dalam mengelola ikan,’’ucap Laban berharap.

Lebih lanjut Ia menyebutkan, salah satu hal yang membuat ikan kurang disenangi untuk dikonsumsi memang terkendala dalam penyajian, Ikan basah yang di olah sedemikan rupa dengan menggunakan teknologi pengasapan akan menjadi salah satu trobosan bagus dalam penyajian ikan di pasaran.

Laban juga menegaskan bahwa demi peningkatan pendapatan mesyarakat nelayan di kabupaten kepulauan Yapen pihaknya siap menggelar pelatihan hingga ke kampung-kampung.”Dinas Prindag Provinsi Papua pun siap menggelar pelatihan ke kampung kampung yang masyarakatnya bergantung pada nelayan di Kabupaten Kepulauan Yapen,” ujarnya.

Dalam kegiatan pembukaan bimbingan teknis pengolahan teknologi pengasapan ikan ini hadir Kepala Bidang Perindustrian Kabupaten Kepulauan Yapen Fictor Warobai S,STP, M.A.P , Kepala Bidang Perdagangan Agustinus Yan SE, dan beberapa tamu lainnya. (Rich/Itink)

ID:2487 Responsif

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below