Peduli lingkungan Polres Yapen Tanam 10.000 Bibit Pohon

Peduli lingkungan Polres Yapen Tanam 10.000 Bibit Pohon
Polres Kepulauan Yapen melaksanakan penanaman sebanyak 10.000 bibit pohon

Serui, Papos – Sebagai implementasi penghijauan yang dicanangkan Kapolri, Polres Kepulauan Yapen melaksanakan penanaman sebanyak 10.000 bibit pohon di Mapolres dan Mapolsek serta diberbagai tempat umum terbuka hijau diwilayah hukumnya .

Kapolres Yapen AKBP Kariawan Barus, SH, S.IK, MH, saat turut serta melakukan penanaman pohon di wilayah pasar Aroroiroro Serui, Jumat, (10/1). Kepada wartawan mengatakan, untuk program penanaman pohon sudah dilaksanakan sejak lima hari lalu.

“Sejak 6 Januari kita sudah laksanakan penanaman pohon dilingkungan Polres maupun di Polsek-Polsek dan hari ini kita menanam di tempat umum,” ungkapnya.

Sebagai puncak hari gerakan sejuta pohon Sedunia yang jatuh tepat pada ini 10 Januari, Kapolres Kariawan Barus mengerahkan semua jajarannya beserta Bhayangkari untuk ikut terlibat dalam kegiatan penanaman pohon di tempat area public.

“Hari ini puncaknya dimana seluruh anggota dan Bhayangkari ikut melaksanakan penanaman di area taman kota, begitu juga anggota dari polsek Yapen Selatan saat ini melakukan penanaman di wilayah Bandara Kamanap,” ujarnya.

Menurut Kapolres, sampai sejauh ini jumlah pohon yang telah ditanam sudah mencapai 10.000 pohon dan jenisnya merupakan tanaman kuat dan berbuah, ia meyakini bahwa nantinya pohon tersebut berfungsi sebagai penghijauan serta dapat menambah nilai ekonomi jika sudah menghasilkan buah. Selain itu tanaman pohon ini juga diharapkan mampu mencegah terjadinya abrasi.

“Mengingat beberapa bencana yang terjadi akibat kurang peduli dengan lingkungan menimbulkan longsor dan banjir bandang,” imbuh Kapolres.

Orang nomor satu di Polres Kepulauan Yapen ini meminta masyarakat supaya sama-sama sadar lingkungan mengingat wilayah kepulauan Yapen masyarakatnya banyak tinggal di wilayah pesisir dibawah pegunungan, ketika penebangan sering di lakukan akan menimbulkan terjadinya tanah longsor dan banjir bandang.

“Yang terjadi di daerah lain bisa terjadi di tempat kita, mari kita sama-sama sadar lingkungan sadar keselamatan untuk diri kita dan keluarga,” pintanya. (Iting/rich)

ID:2487 Responsif

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below