Tongkat Kepemimpinan Polres Kepulauan Yapen Dipegang Kariawan Barus

Tongkat Kepemimpinan Polres Kepulauan Yapen Dipegang Kariawan Barus
Kapolres AKBP Kariawan Barus ,SH,S.Ik,MM saat menerima prosesi adat di bandara Stevanus Rumbewas Serui.

Serui (PAPOS) -Tongkat kepemimpinan Kepolisian Resor Kepulauan Yapen telah diserahterimakan dari pejabat lama AKBP Penri Erison S.Pd,MM kepada Kapolres baru AKBP Kariawan Barus ,SH, S.Ik,MH . Serah terima kapolres yang baru telah dilaksanakan pada ,Jumat tanggal 08 November 2019 di Aula Rastra Samara Polda Papua bersama Sertijab Dir Polairud dan sepuluh Kapolres Jajaran Polda Papua.

Upacara Serah Terima Jabatan berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/2852/X/KEP/2019 tanggal 21 Oktober 2019 dan Surat Telegram Nomor: ST/2855/X/KEP/2019 tanggal 21 Oktober 2019, dipimpin langsung Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, yang dihadiri oleh Wakapolda Papua Brigjen Pol Drs. Yakobus Marjuki, Para Pejabat Utama, Para Pamen, Pama, personil Polda Papua dan Bhayangkari Daerah Papua.

Kapolres Kepulauan Yapen AKBP Penri Erison, S.Pd. dimutasikan sebagai pamen Polda Papua dan digantikan AKBP Kariawan Barus, S.H., S.I.K., M.H. yang sebelumnya menjabat Kaden A Pelopor Satbrimob Polda Kepri.

Kedatangan Kapolres Kariawan Barus bersama istri yang didampingi mantan Kapolres Yapen AKBP Penri Erison di Bandara Stevanus Rumbewas Serui mendapat sambutan hangat oleh para perwira dan staf di jajaran polres kepulauan Yapen , Prosesi penyambutan dilakukan secara adat dengan tradisi injak piring dan pengalungan bunga serta penyematan topi adat khas Papua Oleh Ketua DAP oleh Ones Wayoi .

Kepada wartawan Kapolres Kariawan Barus mengaku penyambutan secara adat yang dilakukan oleh masyarakat memberikan kesan tersendiri bagi dirinya bersama istri dan hal itu menjadikan semangat awal untuk memulai tugas barunya di polres Yapen ini.

“ Saya berterima kasih kepada masyarakat yang telah menyambut kami secara adat ,Ini merupakan semangat awal bagi kami dan kami yakin situasi Kamtibmas yang selama ini sudah baik bisa lebih bagi” ucap Barus.

Menurutnya dengan spirit masyakat dan anggota yang ada serta kerjasama dari berbagai pihak Kamtibmas itu dapat dicapai bahwa kunci dari perkembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat itu berada pada keamanan sehingga diperlukan keterlibatan berbagai elemen masyarakat untuk dapat mensukseskannya.

“ Saya mengajak seluruh masyarakat dan instansi terkait untuk kita sama-sama menjaga situasi Kamtibmas yang sudah kondusif dan lebih baik lagi di wilayah kabupaten kepulauan Yapen ini “ pintanya.

Ia menuturkan sangat terharu dengan penyambutan yang dilakukan masyarakat dan jajaran polres Yapen bahkan saat berada di udara didalam pesawat kedatangannya di kabupaten kepulauan yapen terasa pulang ke kampung halamannya karena ia sebelumnya lebih banyak bertugas diwilayah timur Indonesia bahkan tugas pertamanya sebagai anggota Polri ditempatkan di daerah timur juga .

“ istri saya ketemunya di Ambon ,Seperti waktu saya Letnan dua saya bertugas di Maluku tengah mirip sekali bandaranya , jalannya , kotanya seperti inilah dan ini membawa kesan kepada saya seperti saya pulang kerumah saya sendiri , Jujur saya katakan bahwa saya senang berada disini” ungkap Barus menceritakan kesannya saat pertama tiba di kabupaten ini.(itink/rich)

ID:2487 Responsif

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below