Wujudkan Keuangan Daerah Transparan, Pemprov Lakukan Pelatihan

Wujudkan Keuangan Daerah Transparan, Pemprov Lakukan Pelatihan
Wujudkan Keuangan Daerah Transparan, Pemprov Lakukan Pelatihan

JAYAPURA [PAPOS] – Untuk memaksimalkan dan mewujudkan keuangan daerah yang transparan dan akuntabel serta professional, Pemerintah Provinsi Papua lakukan pelatihan bagi pejabat penatausaha keuangan dan bendahara pengeluaran di lingkungan Pemerintah provinsi Papua di Jayapura Kamis, (16/5).

Gubernur Papua Lukas Enembe, S.IP. MH yang dibacakan oleh Staf Ahli Gubernur Papua, Ani Rumbiak berharap melalui pelatihan ini dapat membentuk pejabat pengelola keuangan dan bendahara pengeluaran yang handal dan profesional sehingga dapat mewujudkan pengelola keuangan daerah yang transpara dan akuntabel.

“Ia berharap dapat mendukung terciptanya birokrasi pemerintahan pervinsi Papua yang kuat dan bersih menuju tercapainya Papua Bangkit Mandiri dan Sejaterah yang Berkeadilan,” terangnya.

Pelatihan ini bertujuan menuju pengelolaan keuangan daerah yang transparan dan akuntabel diperlukan SDM yang profesional,berkualitas, kompeten dan memiliki intergritas tinggi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Hal ini sesuai Permendagri No 13 tahun 26 tentang pengelolaan keuangan daerah, yang mana sebagai daerah otonomi, merupakan upaya pemberdayaan daerah dalam pegambilan keputusan daerah, secara lebih leluasa dan bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya yang memiliki sesuai dengan kepentingan , prioritas dan potensi daerah.

“Kewenangan yang luas utuh dan bulat meliputi perencanaan pelaksanaan pengawasan, pengendalian dan evaluasi pada semua aspek pemerintah yang pada akhirnya harus di pertanggung jawabkan kepada pemberian wewenang dan masyarakat,” jelasnya.

Lanjutnya penerapan otonomi seutuhnya membawa kosenkuensi logis berupa pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah berdasarkan manajemen keuangan yang sehat menuju pengelolaan keuangan daerah yang transparan dan akuntabel.[tho]

ID:2487 Responsif

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below