by

83 Pertanyaan Bakal Diajukan BPS Dalam Sensus Penduduk Tahun Ini

-Ekbis-1,044 views

JAYAPURA (PAPOS) – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua kembali melakukan sensus penduduk yang sempat tertunda karena pandemi Covid-19.

Kepala BPS Papua, Adriana Helena Carolinamengatakan sensus yang berlangsung hingga Juni 2022 itu akan dilakukan terhadap 121.200 rumah tangga.

Petugas BPS mengajukan 83 pertanyaan kepada warga. masing-masing responden terpilih akan diberi 83 pertanyaan oleh petugas SP2020 lanjutan.

“Pertanyaan yang diberikan terkait individu, migrasi, mobilitas, disabilitas, pendidikan, serta komunikasi, perumahan dan ketenagakerjaan,” Katanya dalam keterangan persnya, Kamis (2/6/2022).

Ia mengatakan sensus ini adalah merupakan lanjutan sensus penduduk tahun 2020. Dari hasil sensus sebelumnya, BPS telah memperoleh angka jumlah penduduk beserta rinciannya seperti jenis kelamin dan usia masing-masing warga.

“Kami mengimbau masyarakat menerima baik petugas dari BPS yang melakukan pendataan Long Form Sensus Penduduk 2020 atau LF SP2020 lanjutan,”ujarnya.

Ia menuturkan, usai pelaksanaan pendataan di lapangan, BPS selanjutnya akan melakukan pengolahan dan desminasi data hingga Januari 2023.

“Tahap pertama yakni rekrutmen petugas dan pelatihan sudah dilakukan pada Februari hingga Mei. Saat ini sedang pendataan lapangan, nanti Juni sampai Januari 2023 adalah pengolahan dan desiminasi,” ucapnya.(tho)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed