Astra Motor Papua Ajak Jurnalis Jelajahi Kampung Berseri Astra

Astra Motor Papua Ajak Jurnalis Jelajahi Kampung Berseri Astra
Tanjung C’Bery, Kampung Enggros, Kota Jayapura, Papua.

JAYAPURA (PAPOS) – Kota Jayapura atau Port Numbay adalah ibukota Provinsi Papua. Kota ini memiliki 5 distrik dan 14 kampung, salah satunya adalah Kampung Enggros. Kampung Enggros masuk dalam wilayah pemerintahan Distrik Jayapura Selatan.

Sejak tahun 2016, Astra Motor Papua menjadikan kampung ini sebagai kampung binaan yang dinamai Kampung Berseri Astra melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) “Satu Hati Papua”.

Astra Motor Papua dan Astra Group Papua mengajak sejumlah jurnalis dari media cetak dan online termasuk Papuapos.com untuk menjelajahi keindahan Kampung Enggros setelah dijadikan Kampung Binaan Astra.

Kampung Berseri Astra  di Tanjung C’Bery (ujung tanjung) di wilayah Kampung Enggros tersebut disulap menjadi tempat wisata yang sangat menarik.

Tanjung C’Bery, Kampung Enggros, Kota Jayapura, Papua.

Dari Tanjung C’Bery, kita dapat menyaksikan langsung megahnya jembatan holtekamp (jembatan merah) yang membentang menghubungkan Distrik Jayapura Selatan dan Distrik Muara Tami, Kota Jayapura.

Selain pemandangan alamnya yang memesona, di atas lahan Tanjung C’Bery tersedia spot untuk pengunjung atau wisatawan yang ingin berswa foto.

Kampung Berseri Astra memiliki tema sesuai kondisi kampung yaitu Kampung Wisata, Kampung Hijau, Kampung Produktif, Kampung Cyber, dan Kampung Budaya.

Dalam menjalankan fungsi CSR di Kampung Enggros sebagai Kampung Binaan, Astra Motor Papua memberikan pelayanan dan support kepada pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) secara maksimal.

“Salah satunya bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Kampung (Bumkam) Enggros yang diketuai oleh Petronela Meraudje. Bumkam sendiri telah mempunyai usaha di Kampung Enggros yaitu tambak bandeng, kerajinan tangan, kaos, topi, kios dan tempat wisata,” jelas Wendy Tenario, Pimpinan Astra Motor Papua yang juga Koordinator Astra Group di Papua dan Papua Barat kepada awak media di Tanjung C’Bery, Sabtu (25/5/2019).

Menjadikan kampung binaan dan bekerja sama dengan Bumkam bertujuan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil menengah sehingga menjadi tangguh dan mandiri sekaligus memberikan dampak bagi peningkatan kesejahteraan warga Kampung Enggros.

“Program Satu Hati Papua tersebut dilakukan dengan ragam pelatihan terhadap kelompok usaha kecil menengah yang ada di Kampung Enggros seperti memasarkan produk, membuat pelaporan, membuat produk yang berkualitas dan standar pelayanan yang baik karena Kampung Enggros akan menjadi Kampung Wisata di Jayapura kedepannya,” ujarnya.

Akan menjadi Kampung Wisata lantaran Kampung Enggros didukung dengan lokasi yang strategis dan memiliki tempat wisata baru yaitu Tanjung C’Bery, Hutan Perempuan, tempat swafoto Mama Nela, dan Kampung Warna-warni, sehingga dapat mensejahterakan warga kampung karena akan menjadi destinasi wisata baru di Kota Jayapura, terlebih pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada tahun 2020.

Wendy mengungkapkan, kampung binaan itu diharapkan menjadi mandiri sebelum program tersebut berakhir pada tahun 2020.

“Astra Motor Papua bersama Astra Group berkomitmen dalam memajukan Kampung Enggros menjadi bersih, sehat, cerdas, dan produktif seperti tujuan program Kampung Berseri Astra,” ujar Wendy.

Kepala Pemerintahan Kampung Enggros, Orgenes Meraudje menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Astra Motor Papua dan Astra Group karena perusahaan ini memiliki program yang menyentuh langsung ke kampung-kampung.

Di Kampung Enggros, dua sektor yang berpotensi dikembangkan yaitu kelautan dan pariwisata. Dua sektor tersebut, kata Orgenes, masuk dalam 4 pilar program Kampung Berseri Astra.

Luas wilayah Kampung Enggros 33,3 Kilometer persegi dengan jumlah 600 jiwa dari 160 Kepala Keluarga (KK) yang berbatasan langsung dengan Kampung Tobati, Distrik Jayapura Selatan dan Kampung Holtekamp, Distrik Muara Tami. Kampung Enggros berada di dalam 2 teluk yaitu Teluk Humboldt dan Teluk Youtefa.

“Biarlah Tuhan yang membalas semua kebaikan Astra. Saya juga menyampaikan terima kasih kepada manajemen Astra Motor Papua karena telah memperkenalkan saya kepada manajemen pusat, beberapa waktu lalu saya diajak untuk mempresentasikan Kampung Enggros yang memiliki potensi wisata,” kata Orgenes. (Syahriah)

Tags: ,
ID:2487 Responsif

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below