by

Denni Bonai Pimpin Gakeslab Papua Lima Tahun Kedepan

-Ekbis-1,624 views

JAYAPURA (JAYAPURA) – Musyawarah Provinsi ke-III (Musprov), Gabungan Pengusaha Alat kesehatan dan laboratarium (Gakeslab) Papua tahun 2022 berhasil memilih dengan mufakat dan aklamasi Denny H. Bonai periode 2022-2026.

Denny Bonay berhasil dipilih menjadi ketua setelah Musprov yang digelar di salah satu hotel di Jayapura, (12/5/2022). Pemilihan ketua Gakeslab berlangsung lancar dan diikuti oleh seluruh peserta dari berbagai Perusahaan alat kesehatan yang berada di Provinsi Papua.

Ketua Umum Gakeslab Indonesia Drs. H. Sugihadi HW, MM yang turut hadir dalam acara Musprov memberikan selamat kepada Ketua terpilih, sekaligus pengukuhan hasil pemilihan.

“Selamat kepada Ketua yang sudah dipilih, semoga Gakeslab Papua bisa Lebih berkembang serta bisa bekerjasama dengan Pelaku Usaha Bisnis Kesehatan serta mengembangkan industri alat kesehatan dalam Negeri,” ucapnya.

Ia berharap semua anggota di daerah siap mendukung kebijakan penggunaan produksi dalam negeri tesebut.

“Kami juga sudah punya produsen alat kesehatan dalam negeri, namun bukan untuk perlatan yang super canggih. Tentunya produsen ini terus berupaya dari tahun ke tahun untuk mengembangkan peralatan lebih canggih lagi,” katanya.

Sugihadi juga mendorong pengurus GAKESLAB tingkat provinsi bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam memberikan informasi yang benar terkait mutu dan kualitas alat kesehatan yang ditawarkan atau yang dibeli rumah sakit.

“Dengan asosiasi yang sudah terdaftar atau punya legalitas, anggota GAKESLAB akan mengikuti aturan yang sudah ditetapkan dan beretika. Jadi seumpannya saat pengadaan alat itu tidak benar, bisa langsung dicari perusahaan yang melakukan itu,” katanya.

Sementara ketua terpilih, Denny Bonai mengaku awal mengemban tugas sebagai Ketua GAKESLAP Papua, dirinya akan merangkul semua anggota untuk bersama-sama membesarkan organisasi tersebut.

” Pastinya saya mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan anggota yang secara aklamasi telah memberikan kehormatan kepada saya untuk memimpin GAKESLAB Papua, tentunya amanah ini akan saya jaga dengan harapan semua anggota dapat bersama-sama dengan saya membesarkan organisasi ini,” kata Denni.

Tugas lain yang menjadi prioritas yang akan dilakukannya kedepan, kata Denny sebagaimana edaran pemerintah pusat agar menggunakan alat kesehatan buatan dalam negeri.

“Ini adalah tantangan utama yang harus kita hadapi, sehingga GAKESLAB Papua akan menyesuaikan alat kesehatan yang di Papua menggunakan produk buatan Indonesia, dan kami juga akan merangkul semua distributor Alkes di Papua agar memprioritaskan alat kesehatan buatan anak negeri untuk digunakan di semua Rumah Sakit maupun fasilitas kesehatan yang ada di Provinsi Papua,” jelasnya.

Sebelumnya, pada pembukaan Musprov ke III GAKESLAB ke III Provinsi Papua, Asisten II Setda Papua, Muhammad Musaad meminta GAKESLAB untuk turut serta dalam upaya mendukung program percepatan penggunaan produksi dalam negeri. Menurutnya, sebagai mitra strategis Pemerintah, GAKESLAB dapat mengoptimalkan pengadaan alat kesehatan dan laboratorium produksi dalam negeri.

“Presiden sudah mengeluarkan kebijakan percepatan penggunaan produksi dalam negeri. Kebijakan ini menjadi salah satu fokus pemerintah saat ini,” kata Musaad.

Pemeirntah Papua, kata Musaad juga mendorong GAKESLAB untuk menginformasikan setiap perkembangan peralatan kesehatan dan laboratorium. “GAKESLAB juga harus melakukan pemutakhiran alat kesehatan dan laboratorium sesuai dinamika yang ada agar pelayanan kesehatan bisa lebih optimal dilakukan di Papua,” kata Musa’ad.

Sementara kepada para pengurus GAKESLAB yang akan dilantik dapat meningkatkan komunikasi dengan kepala daerah di 29 kabupaten/kota di Papua, menyusul rencana perubahan skema penyaluran dana Otonomi Khusus.

“Dana banyak yang sudah tersalurkan ke daerah, sehingga diharpakan bisa dimanfaatkan dengan optimal untuk melengkapi puskesmas atau rumah sakit dengan informasi dari GAKESLAB Papua,” katanya.(tho)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed