by

DPRP Tak Intervensi Kasus Viktor Yeimo

-Hukrim-764 views

JAYAPURA (PAPOS) – Dewan Pimpinan Rakyat (DPR) Papua tidak akan mengintervensi terhadap proses hukum yang dijalani oleh Victor Yeimo Yang merupakan tersangka dalang kerusuhan Jayapura pada 29 Agustus 2019 lalu.

Ketua DPR Papua Jhony Banua Rouw mengatakan proses hukum Victor Yeimo sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.

Dikatakan DPR Papua adalah lembaga politik, yang tak bisa masuk dalam ranah politik, proses hukum akan jalan seperti yang ada.

“Kami tidak akan mengintervensi proses hukum yang sementara berjalan, sebab itu adalah ranah penegak hukum, ada Kapolda, ada Kajati dan ada peradilan,” Katanya.
Dirinya berharap dalam pengadilan nanti bisa diputuskan dengan baik-baik dan seadil-adilnya tanpa intervensi yang lain-lain.

“Saya bersama Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Papua, Nikolaus Kondomo pada Selasa (10/8/2021) lalu, mengunjungi Victor Yeimo yang Rutan Brimobda Polda Papua di Kotaraja, untuk memastikan pemeriksaan kesehatan Victor Yeimo,” Ujarnya.

Sebelumnya, Komite Nasional Papua Barat (KNPB) menggelar aksi demo di Jayapura menuntut agar Victor Yeimo dibebaskan, Senin (16/8/2021). Tapi aksi demo tersebut dibubarkan aparat kepolisian.
Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav Urbinas mengatakan, pihaknya membubarkan aksi demo, karena Kota Jaapura masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV, sehingga tak boleh kerumunan massa.(tho)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed