by

100 Pelaku Usaha Terdaftar Dapat Kredit PAPEDA

JAYAPURA (PAPOS) – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja Papua mencatat sudah sebanyak 100 lebih pelaku usaha yang mendaftar untuk mengambil kredit Usaha Mikro Kecil Menengah lewat program Percepatan Akses Keuangan Daerah atau PAPEDA.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja Papua, Omah Laduani Ladamay di Jayapura, Jumat (10/9/2021).

Menurut ia, pendaftaran pengambilan kredit UMKM dilakukan melalui pihaknya secara manual, kemudian data setiap pelaku usaha diserahkan ke Bank Papua untuk di tindaklanjuti.

“Yang jelas ada syarat-syarat yang harus dipenuhi, diantaranya benar-benar memiliki usaha, harus memiliki Kartu Tanda Penduduk serta tidak sedang mengambil kredit di bank lain. Artinya, bagi yang sudah mengambil kredit tidak bisa, apalagi sampai punya masalah dalam kredit,” ujarnya.

Ia katakan, rata-rata pelaku UMKM yang mendaftar paling banyak bergerak di bidang perdagangan, baik itu kuliner, usaha kopi maupun sagu.

“Intinya, program ini tercipta berdasarkan kebutuhan masyarakat akan kredit yang terpercaya dengan suku bunga yang tidak memberatkan,” katanya.

Omah Laduani menambahkan, program Papeda tahun ini berjalan secara bertahap hingga Desember 2021, sehingga dirinya meyakini jumlah pelaku UMKM akan bertambah.

“Intinya, program ini untuk membantu pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha dengan bunga nol persen,” katanya lagi.

Sebelumnya, Kepala Otoritas Jasa Keuangan atau OJK Provinsi Papua dan Papua Barat, Adolf Fiktor Simanjuntak meminta agar penyaluran kredit Usaha Mikro Kecil Menengah melalui Program Percepatan Akses Keuangan Daerah tepat sasaran. 

“Kredit itu harus disalurkan bagi masyarakat Papua yang benar-benar membutuhkan dan yang punya usaha. Tidak boleh salah sasaran,” kata Adolf.(tho)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed