Gubernur: Semua Warga Papua Merupakan Warga Negara Indonesia

Gubernur: Semua Warga Papua Merupakan Warga Negara Indonesia

JAYAPURA [PAPOS] – Gubernur Papua Lukas Enembe. S.IP. MH mengungkapkan semua warga yang ada di Provinsi Papua merupakan warga negara Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

“Memang kita akan membangun Indonesia besar ini, tidak membedakan ko dari sini, ko dari sana, kita ada di Indonesia besar dari Sabang Sampai sampai Merauke,” Ungkapnya saat menggelar pertemuan dengan pertemuan dengan paguyuban-paguyuban, tokoh masyarakat dan adat yang ada di Kota Jayapura pasca demo yang berujung anarkis pada Kamis (29/8).

Dalam pertemuan yang digelar di Gedung Negara, Rabu (4/9) dihadiri Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) Yunus Wonda, Walikota Jayapura Benhur Tommy Mano, Bupati Keerom Muhammad Markum, Wakil Bupati Jayapura Giri.

Gubernur mengungkapkan, warga Papua yang saat ini berdomisili di Papua khususnya yang ada di Kota Jayapura tidak ada perbedaan terutama soal asal – usul.

“Ini Indonesia besar, kebetulan saja saya lahir di Gunung, Pak Tomi Mano lahir di pantai, ada yang lahir di Sumatera. Kebetulan lahirnya ditempat yang berbeda, tetapi sesungguhnyad adalah kita adalah warga negara Indonesia dari Sabang – Merauke tidak membedakan ko disini, ko disana, kami adalah Indonesia besar,” Jelasnya.

Menurutnya keberadaan paguyuban dinilai penting untuk melihat peristiwa internal yang terjadi, namun demikian semua adalah warga Indonesia dalam bingkai NKRI.

“Untuk melihat peristiwa yang terjadi di internal kita, itulah pentingnya paguyuban, kita adalah di Indonesia, warga negara Indonesia,” Terangnya.

Ia katakan pandangan terhadap setiap orang yang hidup di Papua tentunya dapat berpandangan positif, pandangan masing-masing pribadi bukan berbeda-beda tetapi harus tetap satu Indonesia

“Yang jelas kita akan lakukan rekonsiliasi antara satu dengan yang lain kebersamaan membangun Indonesia, kebersamaan dalam bingkai NKRI dalam Bhineka Tunggal Ika,” Ucap Enembe.[tho]

ID:2487 Responsif

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below