Kemendagri Diharapkan Dampingi Papua Revisi UU Otsus

Kemendagri Diharapkan Dampingi Papua Revisi UU Otsus
Kemendagri Diharapkan Dampingi Papua Revisi UU Otsus

JAYAPURA [PAPOS] – Kementerian Dalam Negeri diharapkan dapat mendampingi Pemerintah Provinsi Papua dalam melakukan revisi terhadap Undang – undang Otonomi Khusus (Otsus) nomor 21 tahun 2001.

Sekda Papua Hery Dosinaen, S.IP. M.KP. M.Si dalam pada Sosialisasi Permendari Nomor 33 Tahun 2019 Tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun 2020 di Jayapura, Senin (8/7) mengatakan, pihaknya berencana bersama Mendagri membahas membahas mengenai UU Otsus.
“Agar ketika Otsus berlanjut, ada suatu grand desain yang betul –betul konstan sebagai referensi dan pedoman untuk merevisi total UU Otsus,” Kata Hery Dosinaen.

Untuk itu, ungkapnya, pihaknya atas nama Gubernur menyampaikan kepada Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Drs. Syarifuddin, MM, agar bisa mendampingi Provinsi Papua dalam rangka merevisi secara total UU Otsus ini.
Ia mengakui, tentunya dengan kondisi obyek dan kondisi yang sangat luar biasa, yang dihadapi Pemkab dan Pemkot di Provinsi Papua, dengan keterbatasan- keterbatasan sumber daya, baik SDM, keadaan geografis yang begitu berat dan fasilitas- fasilitas lainnya dalam menunjang penyelenggaraan pemerintahan.

“Kami bersama Pemprov Papua Barat, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), terus berupaya membahas bersama terkait akan berakhirnya pelaksanaan Otsus di Tanah Papua tahun 2021 mendatang,” Terangnya.
Sekda mengatakan, pihaknya sangat menyayangkan, karena lahirnya UU Otsus hingga kini tak ada grand desain yang tepat dan konstan.

“Kita akui bersama bahwa lahirnya UU Otsus, hanya karena paranoit politik,” ujarnya.
Sementara itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua dan Badan Pengawas Keuangan RI Perwakilan Papua, tengah menyusun Peraturan Gubernur (Pergub) tentang pengendalian dan pengawasan Undang Undang Nomor 21 Tahun 2001 atau UU Otsus bagi Papua.
“Kami bersama BPK sementara menyusun satu peraturan tentang pengendalian dan pengawasan Otsus,” Tambahnya.[tho]

ID:2487 Responsif

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below