by

KPK Dorong Pelayanan Host To Host PBB, BPHTB Dan ZNT di Papua

JAYAPURA [PAPOS] – Untuk meningkatkan penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dioptimalkan.

Hal diungkapkan Koordinator Wilayah VIII Tim Koordinasi Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) KPK Adliansyah Malik Nasution pada Workshop Hos to hos PBB, BPHTB dan penggunaan zona nilai tanah (ZNT) di Sasana Karya kantor Gubernur, Selasa (23/7).

“PBB dan BPHTB dengan cara koneksi Host To Host antara BPN dengan Pemda untuk pemuktahiran ZNT sebagai dasar BPHTB,” Ungkapnya.
Kedatangan KPK ke Papua untuk mendorong program Hos To Hos terkait pelayanan kepada lebih baik dan kejujuran serta keterbukaan agar ada konocting.

“Saya berharap Bapemda dan pertanahan langsung duduk bersama menyimpulkan asset mana yang akan disertifikatkan dan saya akan minta daftarnya seperti perkantoran,” Tegasnya.

Sebab salah satu pencegahan korupsi adalah melalui BPHTB dan PBB, sehingga perlu mendorong pengunaan ZNT.
“PBB dan BPHTB harus di optimalkan khususnya wilayah komersial, jangan- jangan ada daerah selama berpuluh tahun belum dirubah NJOPnya, fokus utama adalah wilayah komersial,” Tandasnya.

Sementara itu, Sekda Papua Hery Dosinaen mengatakan, perlu sosialsiasi terhadap masyarakat karena masyarakat masih belum paham tentang hal ini.

“Tantangan yang luar biasa, perlu memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan kami juga bersama Kanwil Pajak menginisiasi agar masyarakat sadar bayar pajak,” Katanya.

Namun di Papua, Kata Dosinaen Pemerintah mengalami banyak tantangan seperti di Puncak Jaya tanah Pemerintah baru selesai di sertifikasi.
“Melalui hos to hos ini ada keterbukaan, kejujuran dan niat lewat bsatu komitmen. Semua aturan sudah jelas, yang membuat tidak jelas adalaha kita melanggar aturan,” Ucapnya.

Pemprov Papua telah berkomitmen bekerja dengan baik, agar hasilnya juga baik. KPK RI telah melakukan pendampingan pada semua aspek termasuk bagaimana meningkatkan PAD Papua.[tho]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed