by

MRP Sebagai Wadah NKRI

JAYAPURA [PAPOS] — Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal secara resmi melantik Yoel Luiz Mulait, SH sebagai Wakil Ketua I MRP masa jabatan 2017-2022 menggantikan Alm. Jimmy Mabel.
Pelantikan tersebut dilakuka

n dalam Rapat pleno luar biasa pengambilan sumpah selantikan pergantian antar waktu (PAW) Wakil Ketua I MRP Masa Jabatan Tahun 2017-2022 di Aula Gedung Negara, Dok V Atas, Kota Jayapura, Kamis (15/4/2021).

“Pelantikan ini sebagaimana amanah dari undang-undang nomor 21 tahun 2001, MRP yang merupakan salah satu lembaga penyelenggara pemerinah negara dapat berfungsi secara efektif dan bersinergi dengan Pemprov dan DPR Papua,” Kata Tinal.

Sebagai lembaga kultur di Papua, MRP dapat diterima dan diberikan ruang yang beranggotakan perwakilan dari lima wilayah adat baik perempuan dan agama dapat melakukan fungsinya secara maksimal.

“MRP ini, secara terus menerus saya ulang katakan bukan rakyat Papua yang minta. jadi berpikir bahwa seolah-olah MRP ini bagian yang terpisah dari NKRI,” Tandasnya.

MRP merupakan wadah NKRI yang harus dihargai, kami minta MRP, DPR Papua dan pemerintah selalu berkomunikasi. MRP mempunyai tugas membuat pagar, agar kita tidak hanya bisa tinggal di Papua dalam keadaan nyaman.

“Tetapi Kita harus tinggal di Papua dalam keadaan aman. Nyaman itu nomor dua, tapi aman yang utama, tugas MRP membuat pagar supaya Papua ini aman,” Tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Wagub mengharapkan Sekda Papua segera memproses PAW lima anggota MRP untuk mengisi kekosongan karena keanggotaan MRP akan berakhir pada tahun 2022.

“Pelantikan PAW ini menjadi satu titik balik untuk bekerja sebagai team work dan bukan lagi terpisah dengan Pemerintah Provinsi Papua dan DPR Papua,” Katanya lagi.

Tapi satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan, dengan tujuan supaya rakyat yang tinggal di Papua baik orang asli Papua maupum non Papua bisa menikmati pembangunan di daerah ini.[tho]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed