by

Papua Launching E-SAKIP

-Info Papua-246 views

JAYAPURA [PAPOS] – Untuk lebih memudahkan proses pemantauan pengendalian kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan meningkatkan akuntabilitas dan kinerja di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua, Pemerintah Provinsi Papua melaunching aplikasi sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah secara elektronik (E-SAKIP).

Sekda Papua Hery Dosinaen, S.IP. M.KP. M.Si kepada wartawan di Jayapura, Rabu (11/12) mengatakan melalui pendampingan KPK dan rencana aksi sistem akuntabilitas kinerja pemerintah. “Semua SKPD mempunyai indiktaor utama untuk melakukan sesuai dengan Renca yang ada tetapi yang paling utama adalah kinerja,” kata Sekda.

Dijelaskannya, Keunggulan dari sistem e-SAKIP Provinsi Papua adalah data yang diakses sudah terintegrasi mulai dari proses perencanaan dan penganggaran, penatausahaan keuangan (SIMDA) dan TP2K Bappeda sehingga indikator-indikator yang ada sejak proses perencanaan bisa dievaluasi kinerjanya dengan lebih akurat.

“Pemerintah Provinsi Papua semakin berbenah guna peningkatan Akuntabilitas Kinerja yg bermanfaat bagi peningkatan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat,” jelasnya.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Papua, Kansiana Salle mengatakan E-SAKIP merupakan rencana aksi Pemprov Papua yang terintegrasi.

“Kalau kabupaten/kota tergantung dari masing-masing kabupaten/kota apakah mengadopsi aplikasi yang sudah dikembangkan Pemprov Papua,” tandasnya.

Dengan adanya E-SAKIP kata Kansiana, maka semua pertanggungjawaban dan laporan SKPD berbasis elektronik.

“Jadi sudah terintegrasi antara satu dengan yang lain, baik E-Planning, E-Bajeting tetapi harus di input oleh masing-masing SKPD,” jelasnya.[tho]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed