by

Pembukaan Jalur Perdagangan Papua – PNG Sangat Penting

-Info Papua-770 views

JAYAPURA [PAPOS] – Pemerintah Provinsi Papua menilai pembukaan jalur perdagangan dari Papua sangat penting dengan menjadikan Papua Nugini sebagai jembatan untuk menuju ke negara-negara pasifik seperti Kepulauan Solomon dan Fiji yang kebutuhannya sangat kuat ke Papua.

Kepala Biro Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Papua, Suzana Wanggai mengatakan, pada dasarnya Pemerintah Papua dan PNG sudah sepakat untuk membuka jalur ini, tinggal respon pusat untuk mewujudkannya.

“Jadi sebaiknya pemerintah jangan tinggal diam, mungkin bisa lebih dulu melakukan cara-cara yang bersifat halus regulasinya, kemudian para pengusaha bisa mengambil peluang ini sebaik mungkin,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Biro Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri atau BPKLN Provinsi Papua meminta pemerintah pusat untuk segera membuka pintu perekonomian dari Papua ke wilayah-wilayah Pasifik. Mengingat potensi dan infrastruktur yang ada saat ini sudah sangat menundukung.

“Letak Papua yang berada paling ujung timur Indonesia ini sangat strategis dan layak untuk menjadi pintu masuk dan keluar perekonomian kawasan Pasifik,” Jelasnya.

Keberadaan pintu perbatasan yang sudah terbangun, apalagi dengan didukung infrastruktur yang bagus, tinggal bagaimana pusat mendukung dengan mengeluarkan regulasi baik soal transportasi darat, laut maupun udara.[tho]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed