by

Pemprov Papua Siap Wujudkan Pembayaran KKPD

JAYAPURA (PAPOS) – Pemerintah Provinsi Papua menyatakan siap mendukung dan bekerja sama dengan bank daerah setempat, guna mewujudkan digitalisasi serta modernisasi sistem pembayaran pemerintahan, lewat pengembangan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD).

Dukungan tersebut disampaikan Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun, dalam keterangannya kepada pers, di Jayapura belum lama ini, menyikapi pengembangan KKPD oleh Bank Pembangunan Daerah (BPD) Papua.

“Pemerintah Provinsi Papua siap mendukung dan bekerja sama dengan Bank Papua untuk pengembangan KKPD. Hal demikian bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih akuntabel, demi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” terang ia.

Masih menurut Gubernur Rumasukun, Bank Papua merupakan perbankan daerah setempat yang terpilih sebagai salah satu BPD dari enam piloting pengembangan KKPD bersama bank nasional lainnya.

Dimana pengembangan KKPD ini melalui pengujian terbatas oleh pihak Bank Indonesia, bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 5 April – 5 Mei 2023. Dimana Bank Papua telah dinyatakan berhasil melakukan pengujian seratus persen.

“Untuk itu selama kepada Bank Papua dan pengembangan KKPD ini. Kita doakan supaya pengembangan KKPD ini bisa lebih baik lagi di masa mendatang, dalam mendukung modernisasi dan digitalisasi sistem pembayaran pemerintahan daerah,” tandas dia.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Papua Jeri A. Yudianto meyakini KKPD bakal lebih populer dimasa mendatang, mengingat sistem pembayarannya yang lebih mudah, praktis dan meningkatkan *pengelolaan keuangan lebih Akuntable*

“Apalagi kita kan saat ini semakin berada pada masa atau era digitalisasi. Sehingga KKPD kedepan saya yakin di pemerintah daerah akan bisa lebih baik dalam menunjang pembangunan,” tutup Jeri.(tho)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed