by

KONI Papua Target 84 Medali Emas

JAYAPURA (PAPOS) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua mengatakan Papua menargetkan 84 medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua yang akan digelar pada 2-15 Oktober 2021 mendatang.

Sekretaris Umum (Sekum) KONI Papua, Kenius Kogoya menyatakan, atlet Papua sudah melakukan persiapan untuk mengikuti multi event empat tahunan tersebut selama 38 bulan.

Kontingen Papua untuk PON XX 2021 dengan kekuatan 945 orang atlet terdiri dari 541 Putra dan 404 Putri, dengan jumlah Pelatih dan Asisten Pelatih 234 orang, Official masing – masing Cabor 133 orang, Jumlah Official pengurus Kontingen sebanyak 215 orang.

“Target Papua 84 medali emas, mengikuti semua nomor yang dipertandingan pada PON,” kata Kenius Kogoya pada pelantikan Kapolda Papua sebagai ketua Kontingen sekaligus pelepasan kontingen PON XX 2021 Papua di Stadion Mandala Jayapura, Kamis, (9/9/2021).

Kenius mengatakan, walaupun saat ini masih berada dalam masa pandemi COVID-19, namun sebagai tuan rumah telah mempersiapkan segala daya dan upaya untuk dapat meraih prestasi di ajang PON ke XX.

Dimulai dari tahun 2018 hingga sampai detik ini tahun 2021 kita telah melakukan rangkaian kegiatan yang panjang dengan baik dalam rangka mencapai sukses prestasi di PON XX 2021.

“Saya harapkan dengan dukungan dari pemerintah, puslatprov dan ketua kontingen Papua dapat meraih Prestasi di PON XX 2021 sehingga dapat membawa harum nama Papua di kancah Nasional maupun Dunia,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Ketua Puslatprov KONI Papua Brigjen TNI Bambang Trisnohadi bahwa Puslatprov KONI Papua dibentuk berdasarkan surat Ketua Umum Koni Provinsi Papua Nomor 108 / SKEP – KONI PAPUA/III/2019, 15 maret 2019 sebagai wujud komitmen KONI Papua untuk meraih sukses prestasi pada pelaksanaan PON XX 2021.

Bambang mengatakan, atlet PON Papua saat ini 90 % telah kembali melaksanakan TC di Papua sedangkan sekitar 10 % masih melanjutkan TC di luar Papua.

Cabor yang telah kembali untuk cluster kota Jayapura meliputi cabor Karate, Taekwondo, Tinju, Tenis, Sepak Takraw, Sepatu Roda, Renang Ows.

Untuk cluster Kabupaten Jayapura cabor yang telah kembali meliputi cabor Baseball, Softball, Cricket, Polo Air, Muaythai, Pencak Silat, Selam Kolam, Panahan, Loncat Indah, Renang Artistik dan Sepakbola Putra.

Selanjutnya Cluster Kabupaten Mimika cabor yang telah kembali meliputi cabor Terjun Payung, Billiard, Panjat Tebing, Bola Tangan, Futsal dan Judo. Sedangkan untuk cluster Merauke cabor yang telah kembali adalah cabor Anggar, Gulat, Wushu dan Sepakbola Putri.

Lanjut Bambang, sesuai rencana pada minggu ketiga September seluruh cabor sudah akan kembali ke Papua sesuai cluster masing-masing untuk persiapan akhir menuju kompetisi.

“Secara umum kondisi atlet papua telah berada di posisi Peak Performance menuju kompetisi. Melalui periodisasi latihan yang telah diprogramkan para atlet kita telah siap untuk memberikan yg terbaik demi kehormatan dan kebanggaan Papua,” kata Bambang.(tho)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed