by

Papua Apresiasi Bantuan Bus Untuk PON Dari Kemenhub

JAYAPURA (PAPOS) – Pelakaana tugas (Plt) Sekda Papua Ridwan Rumasukun mengapresiasi bantuan bus yang akan digunakan untuk PON XX dan Peparnas XVI di Papua.

Hal ini diungkapkan Ridwan Rumasukun saat menerima bantuan 316 bus dari Kementerian Perhubungan di Pelabuhan Jayapura, Rabu (1/9/2021)

“Kami sangat berbangga dan mewakili Gubernur Papua menyampaikan terima kasih kepada Pak Presiden yang telah memberikan dukungan lebih dengan memberikan kendaraan untuk menopang penyelenggaraan PON dan Peparnas,” Ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua, Recky D. Ambrauw mengatakan bus tersedia akan digunakan pada cluster Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

“Total bantuan bus dan micro bus yang tiba di empat klaster berjumlah 428 unit. Kabupaten Mimika dan Merauke lebih dulu tiba dengan jumlah 112 unit,” Ujarnya.
Ia menjelaskan bus bantuan dari Kementerian Perhubungan dukungan untuk PON ini berjumlah 428 unit.

“Ada dua tipe, yakni bus medium itu jumlahnya 211 unit, itu Kementerian sewa bus-bus pariwisata include dengan sopirnya.Terus tipe berikutnya micro bus yang warna kuning itu 217 unit itu bus baru,” Tandasnya.

Sementara untuk sopir, PB.PON Papua diberikan kewenangan dari Kementerian Perhubungan untuk merekrut supir atas permohonan Bapak Gubernur Papua kepada Bapak Presiden.

Dua jenis bus tersebut nantinya akan terbagi untuk melayani hanya khusus atlet dan ofisial sejak kedatangan hingga pelaksanaan.

“Bus tersebut akan melayani atlet dan ofisial untuk beberapa cabang olahraga yang ada di klaster Kota Jayapura,” Ucapnya.

Diakuinya bus medium terdiri dari 88 unit, bus micro 88 unit, jadi jumlahnya 176 unit. Untuk beberapa cabang olahraga di klaster Kabupaten Jayapura itu juga akan dilayani bus medium dengan 26 seat sebanyak 51 unit dan bus micro 89 unit, jadi jumlahnya 140 unit. Nah untuk Kabupaten Mimika itu 42 unit jenis bus medium, 25 unit jenis bus micro.

“Sementara ntuk Kabupaten Merauke jenisnya bus medium 30 unit dan yang bus micro 15 unit,” jelasnya.

Mulai tanggal 1 September, bus-bus tersebut sudah aktif beroperasi. Pool untuk Kota Jayapura ada di PTC, untuk Kabupaten Jayapura di daerah Nendali, perumahan Sagita.

“Semuanya di dalam pengawasan kami (Dinas Perhubungan Papua). Nah, proses sore ini itu adalah proses dari Kementeria Perhubungan RI kepada Pemerintah Provinsi Papua. Nah, dari Pemerintah Provinsi itu proses lagi kepada PB PON XX Papua untuk dioperasionalkan,” pungkasnya.(tho)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed