by

Pemprov Siapkan Strategi Pengelolaan Venue PON

JAYAPURA [PAPOS] – Pemerintah Provinsi Papua telah menyiapkan strategi pengelolaan dan pemanfaatan venue Pasca PON dan PEPARNAS.

Hal ini disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Alexander Kapisa dalam rapat Pemanfaatan Dan Pengelolaan Venue Pasca PON XX dan PEPARNAS XVI, yang dilaksanakan oleh Kedeputian V Kantor Staf Presiden (KSP).

Dalam rapat yang bertempat di Hotel Horison Kota Raja Kota Jayapura, Kamis 11 Nopember 2021 dan dipimpin oleh Deputy V KSP Jaleswari Pramodhawardani dan dihadiri oleh Bappeda Provinsi Papua dan secara virtual oleh Sekda Provinsi Papua, Bappenas, Kemendagri dan Kemenpora, Alexander Kapisa memaparkan Persiapan Manajemen Tata Kelola Pemeliharaan dan Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Olahraga Papua Pasca PON XX dan PEPARNAS XVI. Hal Ini telah disiapkan sejak tahun 2020 agar nanti berkesinambungan setelah pelaksanaan PON dan PEPARNAS.

“Kami telah menyiapkan manajemen tata Kelola ini sejak tahun 2020, karena kami belajar banyak dari kasus yang terjadi di beberapa provinsi pasca pelaksanaan PON dan PEPARNAS venue-venue yang digunakan menjadi terbengkalai. Kami tidak ingin hal seperti itu terjadi di Papua” ungkap Alexander Kapisa.

Menurut alex, biasanya dia disapah, Pemeliharaan dan pemanfaatan venue-venue ini dibagi dalam 3 kategori. “Jadi kami mebagi dalam 3 kategori pengelolaan dan pemafaatan venue ini, yaitu 1. Perawatan/Pengelolaan Teknis, 2. Pemanfaatan Venue, dan 3. Pemanfaatan Venue Sebagai Sumber PAD” jelas Alexander Kapisa.

Deputy V KSP Jaleswari Pramodhawardhani dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa mereka sangat senang bahwa Pemerintah Provinsi Papua telah menyiapkan strategi pemanfaatan venue-venue pasca PON dan PEPARNAS.

“Bapak Presiden meminta agar kita secara bersama-sama menyiapkan manajemen pengelolaan dan pemanfaatan fasilitas PON secara professional. Dan hari ini kami sangat senang mendengarkan paparan yang disampaikan oleh Pak kadis Orda Papua, Bapak Alexander Kapisa, yang ternyata telah menyiapkan, bahkan sangat siap mengenai manajemen tata Kelola venue pasca PON dan PEPARNAS.” Ujar deputy V KSP ini

Jaleswari lebih lanjut menyampaikan bahwa Kadisorda tadi tidak hanya menyiapkan list venue mana yang akan di hibahkan dan mana yang akan di Kelola sendiri oleh pemda papua. “Lebih dari itu, kadisorda sudah menyiapkan bagaimana peta atau alur dan tahapan-tahapan yanag akan dilakukan. Saya rasa ini sangat bagus sekali karena ini jemput bola langsung, proaktif untuk melakukan persiapan-persiapan apa yang akan dilakukan setelah PON dan PEPARNAS”.

Deputy V KSP mengakhir dengan menyampaikan bahwa tindaklanjut yang akan dilakukan salah satunya adalah membentuk task force yang terdiri pusata dan daerah untuk lebih fokus lagi.[tho]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed