by

PON Papua Yang Pertama Kali Gunakan Meja Biliar Kejuaraan Dunia

-Olahraga-1,782 views

JAYAPURA [PAPOS] – Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB) PON XX Papua memastikan semua peralatan cabang olahraga biliar sudah terpasang 100 persen di venue.

Peralatan meja biliar yang didatangkan dari luar negeri tersebut seluruhnya sudah terpasang dan telah dilakukan pemeriksaan oleh Tim Pejabat Pemeriksa Hasil Pekerjaan (PPHP) dan Komisi Pemeriksa Independen (KPI) PB PON, Selasa, (27/7/2021) di Mimika maupun dilakukan secara Meeting Zoom.

Technical Delegate cabor biliar PON XX Papua, Robby Suarly mengatakan, meja biliar yang akan digunakan di PON Papua adalah meja pertandingan biliar kelas dunia.

“Untuk pertama kali cabang olahraga biliar di PON menggunakan official table kejuaraan dunia,” Katanya.

Robby mengatakan, ada tiga jenis meja berkualitas dunia yang akan digunakan di PON Papua, masing-masing jenis meja untuk nomor pertandingan yang berbeda, yakni meja Pool Wiraka Dynasty untuk nomor 2 Pool.

“Meja biliar jenis ini merupakan meja yang secara resmi (official table) digunakan di kejuaraan dunia nomor Nine-Ball yang beberapa kali dilaksanakan di Qatar,” Ujarnya.

Kemudian, meja snooker Wiraka M.1 untuk nomor 2 Snooker dan English Billiard, dimana meja ini adalah meja resmi (official table) kejuaraan Asia ACBS (Asian Confederation of Billiard Sports) dan official table IBSF (International Billiards & Snooker Federation). Meja yang ketiga adalah meja carom Hollywood Pro Am – V. meja buatan Korea Selatan. Salah satu meja carom terbaik di Asia.

“Kami apresiasi bagi PB PON dan pemerintah Papua, karena bisa menghadirkan meja berkelas dunia pada event PON tahun ini, mejanya berkualitas dunia bahkan untuk pertama kalinya pertandingan dilakukan di gedung khusus untuk olahraga biliar. Gedung berlokasi di Mimika ini adalah gedung biliar pertama untuk kegiatan olahraga multi event di Indonesia,” ujarnya.

Dengan fasilitas meja yang kelas dunia ini, Robby berharap kedepan akan lahir atlet-atlet yang berkualitas.

“Ketika sarana peralatan dan perlengkapan sudah berstandar kejuaraan Asia dan dunia, selanjutnya diharapkan dapat melahirkan prestasi Asia dan dunia,” tandasnya.

Senada disampaikan Direktur Utama CV Carabao Indonesia, Hendra Kurniawan bahwa untuk menyiapkan dan meng-instalasi peralatan meja biliar kurang lebih 10 hari dengan teknisi didatangkan langsung dari Jakarta.

“Pemasangan sudah selesai bahkan telah dilakukan pemeriksaan oleh tim PB PON Papua, tapi saya akan tempatkan dua orang teknisi pertandingan biliar berlangsung,”katanya.

Menurut Hendra, meja biliar yang akan digunakan di PON tidak perlu diragukan lagi, karena mejanya kelas dunia. Karena merknya dipakai pada beberapa kejuaraan biliar di asia maupun dunia.

Sementara itu, Sekretaris Umum Sub PB PON Mimika, Cesar A. Tunya menyatakan bahwa peralatan biliar sudah terpasang di arena/venue dengan persetujuan dari Ketua Umum Sub PB PON Mimika, bapak Bupati Eltinus Omaleng.

“Sub PB PON Mimika sudah memberikan ijin kepada PB PON Papua untuk memasukan semua peralatan ke venue, dan pekan depan peralatan basket juga akan tiba di Mimika,” jelasnya.

Cesar mengaku, selama pemasangan meja biliar di venue, didampingi langsung oleh Technical Delegate cabor biliar PON XX Papua, Robby Suarly dan tim dari Sub PB PON Mimika.

“Untuk peralatan biliar sudah selesai, kami bersama pemeriksa PB PON juga sudah melakukan pemeriksaan secara bersama-sama,” tambahnya.

PON XX Papua Oktober mendatang mempertandingkan 37 cabang olahraga, 56 disiplin cabor, 679 nomor pertandingan di empat cluster, yaitu Kabupaten Mimika, Kabupaten Merauke, Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.[tho]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed