Pelayanan Samsat Kini Hadir di Mal Jayapura

Pelayanan Samsat Kini Hadir di Mal Jayapura
Pelayanan di Samsat Corner Mal Jayapura. (Syahriah)

JAYAPURA (PAPOS)– Pemerintah Provinsi Papua telah membuka Samsat Corner (Pojok Samsat) di Mal Jayapura untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor dan pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) tahunan setelah diresmikan oleh Asisten III Setda Provinsi Papua, Ridwan Rumasukun, Selasa (22/10/2019).

Asisten III Bidang Umum Setda Provinsi Papua, Muhammad Ridwan Rumasukun mengatakan, masyarakat lebih mudah menjangkau pelayanan pemerintah dengan hadirnya Samsat Corner di Mal Jayapura.

“Masyarakat yang akan membayar pajak kendaraan bermotornya atau juga pengesahan STNK tahunan dapat dilakukan di Samsat Corner ini terlebih bagi mereka yang tinggal jauh dari kantor Samsat. Jadi bisa sekalian belanja, lalu bayar pajak kendaraan bermotor,” kata Ridwan.

Ridwan mengimbau kepada masyarakat agar lebih memperhatikan pajak kendaraan bermotor lantaran pemerintah telah menyediakan fasilitas pembayaran yang mudah dijangkau.

Direktur Lalu Lintas Polda Papua, Kombes Pol Drs.Supriyadi menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Papua yang telah membuka pelayanan publik di pusat perbelanjaan.

“Ini suatu terobosan dari Pemerintah Provinsi Papua, dan semoga hal ini meningkatkan kesadaran masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor karena masih banyak kendaraan bermotor di jalan raya tanpa dilengkapi dengan STNK, artinya masih banyak pemilik kendaraan bermotor belum peduli untuk membayar pajak, salah satu alasannya tempat pembayaran jauh,” imbuhnya.

Ia menyebutkan, jumlah kendaraan bermotor di Papua sekitar 600.000 unit, sementara kendaraan baru dalam setahun sekitar 26.000 unit termasuk roda dua, roda empat dan roda enam.

“Setiap tahun jumlah kendaraan bermotor meningkat, potensi penerimaan pajak dari kendaraan bermotor cukup memadai dan sangat bisa membantu pembangunan di Papua seperti infrastruktur yang masih perlu dibangun atau dibenahi,” ucap Supriyadi.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Papua, Gerson Jitmau menyampaikan, pelayanan di Samsat Corner secara online dimana Bapenda dan Jasa Raharja sebagai anggota tim pembina Samsat yang diketuai oleh Sekda Papua dan dikoordinir oleh Korlantas Polri.

Kepala Bagian Operasional PT Jasa Raharja Cabang Papua, Yoga Mambrasar mengapresiasi Pemerintah Provinsi Papua yang telah membuka Samsat Corner di Mal Jayapura lantaran masyarakat lebih mudah membayar pajak kendaraan bermotor.

Yoga menambahkan, bahwa tugas Jasa Raharja sesuai Undang-Undang Nomor 33 dan 34 Tahun 1964 membayar santunan kepada korban kecelakaan lalu lintas jalur darat, laut dan udara bekerjasama dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Papua dan sejumlah rumah sakit di Papua.

Dikatakan, pembayaran santunan kepada korban kecelakaan lalu lintas diperoleh dari pajak yang dibayar oleh pemilik kendaraan setiap kali membayar pajak kendaraan bermotor yakni Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ),” jelas Yoga.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Papua salah satunya melalu Samsat Corner di Mal Jayapura.

Sebagai informasi, pelayanan Samsat Corner di Mal Jayapura mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIT, hari Senin hingga Sabtu. (Syahriah)

ID:2487 Responsif

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below