by

47 Orang Warga Kobakma Operasi Katarak Gratis

KOBAKMA (PAPOS) – Sebanyak 47 orang warga di Kobakma, ibu kota Kabupaten Mamberamo Tengah Provinsi Papua Pegunungan mendapatkan pelayanan operasi mata katarak secara gratis.

Operasi katarak sendiri digelar dari tanggal 8 Oktober hingga 14 Oktober 2023 di RSUD Lukas Enembe di Kobakma.

Operasi katarak gratis ini digelar PMI Kabupaten Mamberamo Tengah bekerja sama dengan ICRC, Rumah Sakit Dian Harapan, PMI Pusat, PMI Provinsi Papua dan RSUD Lukas Enembe.

Selain menggelar operai katarak secara gratis, pada kesempatan itu dibagikan pula kacamata gratis sebanyak dua ratus lima puluh.

Sekretaris PMI Kabupaten Mamberamo Tengah Amal Matasik mengaku, bersyukur sebab pelaksanaan operasi katarak dapat berjalan dengan baik.

Walau dari sisi jumlah warga yang dioperasi sebanyak empat puluh tujuh dari jumlah yang terdaftar yakni 300 orang.

“Pada tanggal 8 yang dioperasi berjumlah 7 orang, tanggal 9 berjumlah 9 orang,tanggal 10 berjumlah 10 orang, sedang pada hari terakhir berjumlah 21 orang,” ujar Amal saat diwawancara di RSUD Lukas, Sabtu (14/10) lalu.

“Kami juga membagikan kaca mata gratis sebanyak 250 orang, dan kaca mata sudah dibagi habis, ” tambahnya.

Untuk itu, dia menyampaikan terima kasih kepada dokter dari Rumah Sakit Dian Harapan, ICRC, PMI Papua, RSUD Lukas Enembe, dan PMI Mamberamo Tengah yang sudah bekerja sama sehingga operasi katarak dan pembagian kaca mata gratis dapat berjalan dengan baik.

Ia berharap pada tahun-tahun mendatang dapat dilaksanakan hal yang sama dengan partisipasi warga yang jauh lebih banyak.

“Kami berharap di tahun depan operasi katarak bisa digelar lagi, kami yakin masyrakat akan berpartisipasi jumlahnya jauh lebih banyak,” ucapnya.(redaksi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed