by

Anak-Anak Mamteng Diminta Manfaatkan Program Afirmasi Dokter Umum dan Dokter Gigi

-Daerah-1,859 views

KOBAKMA (PAPOS) – Anak – anak asli Memberamo Tengah diminta memanfaatkan program afirmasi dokter umum dan dokter gigi dari Kementerian Keseharian.

Pelaksana tugas Bupati Kabupaten Mamberamo Tengah Yonas Kenelak bersama Kementerian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan Provinsi Papua yang diwakili dokter Yohanis Tebay telah menandatangani kerja sama program afirmasi dokter umum dan dokter gigi khusus anak-anak asli Kabupaten Mamberamo Tengah bertepatan HUT Kesehatan Nasional, (12/10/2022) lalu.

Untuk itu,anak-anak asli Mamberamo Tengah, khusunya yang sudah berada di kelas tiga SMU agar memanfaatkan kesempatan ini.

PLT Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mamberamo Tengah Helda Wali di Kobakma,Rabu (16/11/2022) mengatakan, program ini merupakan kesempatan emas bagi anak-anak Mamberamo Tengah.

Menurutnya, kerja sama ini menyangkut biaya afirmasi bagi anak-anak Mamberamo Tengah untuk dokter umum dan dokter gigi dari lima distrik.

Rencananya proses seleksi bagi anak-anak Mamberamo Tengah yang sudah ada di kelas tiga SMA yang mau masuk kedokteran baik dokter umum dan gigi akan dilakukan pada Januari 2023 mendatang di Kota Jayapura.

Tentunya, mereka yang akan mengikuti seleksi ini, khusus untuk anak-anak SMA kelas tiga jurusan IPA.

Setelah lulus seleksi nantinya, mereka akan mendapatkan beasiswa dari Kementerian Kesehatan.

Untuk itu, dia meminta kepada anak-anak asli Mamberamo Tengah ini untuk menyiapkan diri sebaik-baiknya.

“Anak-anak harus belajar dengan baik, karena pendidikan dokter biayanya mahal, mulai dari masuk, biaya per semester, bahkan sampai praktek, jangan sampai kesempatan ini diambil oleh orang lain,”ujarnya.

Bahkan anak-anak daerah yang sudah menjadi dokter umum akan dibiayai untuk dokter spesialis.

“Ini hal yang baik sekali karena di Kabupaten Mamberamo Tengah, sembilan puluh persen yang melayani adalah dokter-dokter dari luar Papua, sehingga ini menjadi terobosan yang baik bagi kami,agar kedepan anak-anak Mamberamo Tengah yang akan melayani di daerahnya,”imbuhnya.(redaksi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed