by

Pemkab Mamteng Jalin Kerja Sama dengan Tiga Lembaga Bangun SDM Kesehatan

-Daerah-1,766 views

ILUGWA (PAPOS) – Perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tingkat Kabupaten Mamberamo Tengah yang digelar di Puskesmas Ilugwa Distrik Ilugwa Kabupaten Mamberamo Tengah, Sabtu (12/11/2022) terasa istimewa.

Di hari yang bersejarah bagi tenaga medis itu, dilakukan penandatangan MoU antara Pemkab Mamberamo Tengah dengan tiga lembaga yaitu Unicef Papua dan Papua Barat, Kementerian Kesehatan dan Yayasan Kaki Dian Emas.

Bahkan pada perayaan HUT Kesehatan itu, dihadiri langsung Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Muhammad Imam Azis. Selain itu hadir pula Plt. Bupati Mamberamo Tengah, Yonas Kenelak, pimpinan DPRD, kepala-kepala OPD, tenaga medis dan masyarakat.

Penandatangan MoU pertama dilakukan Plt. Bupati Yonas Kenelak dan pimpinan Unicef Papua dan Papua Barat, Aminudin Ramadan terkait dukungan Unicef kepada Pemda Mamberamo Tengah di bidang kesehatan.

Penandatanganan MoU berikutnya oleh Plt. Bupati Yonas Kenelak dan Kementerian Kesehatan yang diwakili dr. Yohanes Tebay tentang program afirmasi dokter umum dan dokter gigi khusus untuk anak asli Kabupaten Mamberamo Tengah.

Sedang penandatanganan MoU terakhir oleh Bupati Yonas Kenelak dengan Yayasan Kaki Dian Emas Indonesia yang diwakili Ridwan Imanuel Tarigan.

Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Muhammad Imam Azis memberikan apresiasi atas terlaksanan penandatanganan MoU antara Pemda Mamberamo Tengah dengan tiga lembaga tersebut.

Menurutnya, apa yang sudah dilakukan itu merupakan kolaborasi untuk membangun manusia di Kabupaten Mamberamo Tengah yang unggul, berkualitas dan memiliki daya saing di masa depan.

Dikatakan, hal inilah yang menjadi fokus pembangunan untuk membangun manusia yang cerdas.

”Ini sudah kita mulai pada hari ini, kita menyaksikan bahwa ada komitmen untuk berkolaborasi, kerja sama. Kita tidak bisa membangun Kabupaten Mamberamo Tengah sendiri, tetapi bekerja sama dengan lembaga PBB seperti Unicef, Yayasan Kaki Dian Emas hingga Kementerian Kesehatan,”ujarnya.

Sementara itu Plt. Bupati Mamberamo Tengah Yonas Kenelak menyampaikan, terima kasih kepada Unicef, Kementerian Kesehatan dan Yayasan Kaki Dias Emas yang bersedia bekerja sama untuk memajukan pelayanan kesehatan, maupun sumberdaya manusia di bidang kesehatan.

“Soal afirmasi pendidikan dokter umum dan dokter gigi, tentu pemerintah akan memberikan perhatian seperti menyiapkan anggaran. Namun yang tak kalah penting adalah anak-anak Mamberamo Tengah harus menyiapkan diri dengan baik agar bisa terpilih pada proses seleksi nanti,” ucapnya.

Baginya, peningkatan sumberdaya kesehatan bagi Kabupaten Mamberamo Tegah sangat penting. Sebab dengan begitu, dapat meningkatan derajat kesehatn masyarakat.

Bupati Yonas Kenelak juga menyampaikan terima kasih kepada Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Muhammad Imam Asiz yang sudah bersedia hadir dan melihat langsung kondisi Kabupaten Mamberamo Tengah.

“Saya berharap Pak Staf Khusus bisa memberikan perhatian yang lebih kepada Kabupaten Mamberamo Tengah, di bidang kesehatan maupun infratruktur seperti jalan menuju ibu kota kabupaten. Kami akan mengusulkan agar menjadi perhatian pemerintah pusat, mengingat kondisi jalan yang belum baik,”imbuhnya.

Di tempat yang sama Plt. Kepala Dinas Kesehatan Helda Wally mengatakan bahwa MoU dengan beberapa lembaga seperti Unicef adalah bagaima mereka memberikan dukungan kepada Pemda Mambermao Tengah, khususnya di bidang kesehatan sejak 2019.

“Hasilnya sudah terlihat dengan adanya kampung-kampung sehat, seperti yang sudh dideklarasikan,”ucapnya.

Dia menjelaskan, untuk kerja sama dengan Yayasan Kaki Dian Emas berupa pengiriman anak-anak Mamberamo Tengag yang sudah bekerja di Dinas Kesehatan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi untuk membentuk karakter dan iman, sehingga ketika mereka selesai dan kembali bertugas, dapat setia dalam melayani dan takut akan Tuhan.

“Proses seleksi akan kami lakukan , pada bulan Januari 2023 mendatang,”ujarnya.

Pada kesempatan yang sama dilakukan penyerahan mobil ambulance, bantuan dari Dinas Kesehatan Provinsi Papua kepada Puskesmas Ilugwa dan Kelila. Dilakukan pula deklarasi tentang kampung dan distrik sehat serta penyerahan paket ibu hamil dan Balita oleh Ketua TP PKK Kabupaten Mamberamo Tengah Ny. Ponco Wahyu Utami Kenelak kepada ibu-ibu hamil.(redaksi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed