Kepala KUPP Serui, Komitmen Pembangunan Terminal Penumpang 2020

Kepala KUPP Serui, Komitmen Pembangunan Terminal Penumpang 2020
Kepala KUPP Serui Oktavianus Karubaba, SE, MM

SERUI [PAPOS] – Menyikapi keluhan masyarakat pengguna jasa angkutan laut dari Pelabuhan Serui atas minimnya pasilitas ruang tunggu, kepala KUPP (Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan) Serui Oktavianus Karubaba, SE, MM, komitmen akan mengupayakan pembangunan terminal penumpang tahun 2020 mendatang.

Kepala KUPP Kelas II (dua) ini mengatakan, sejak terminal penumpang terbakar pada tahun 2017 lalu, penumpang harus menunggu di pelataran Pelabuhan tanpa adanya tempat berteduh. Membuat penumpang harus menahan terpahan hujan dan terik matahari.

“Saya sedih melihat penumpang yang menunggu di pelabuhan terkadang hujan-hujanan dan diterpa terik sinar matahari. Komitmen saya terminal penumpang tahun depan terbangun suka tidak suka harus terbangun,” Ucap Oktavianus kepada wartawan saat di temui di ruang kerjanya selasa (28/5/2019).

Dia juga mengutarakan pihaknya telah melakukan beberapa aspek yang menunjang keberlangsungan kegiatan pengangkutan di pelabuhan, dimana telah terbangunnya dermaga di sisi utara dan tahun ini melanjutkan pembangunan dermaga yang mangkrak sejak tahun 2017 lalu.

Menurutnya, apabila pembangunan telah rampung akan di lakukan pemisahan kapal penumpang dan kapal barang, dan mengoptimalkan proses akses penumpang di kapal penumpang.

“Nanti jika sudah selesai ini, semua terakses dengan baik akan terjadi pemisahan kapal barang dan kapal penumpang setelah itu terjadi pemisahan penumpang turun dan penumpang naik” jelasnya Karubaba.

Terkait mudik lebaran tahun 2019, ia mengatakan, bahwah untuk mudik tahun ini pihaknya telah melakukan beberapa upaya untuk membantu masyarakat akan lonjakan penumpan melihat makin banyaknya masyarakat menggunakan moda transportasi laut.

“Kita melakukan upaya upaya penambahan tiket atau kapasitas jumlah penumpang dengan mengirimkan surat ke Direktorat Jenral Laut di Jakarta. saya prihatin ketika saya mengunjungi kantor Pelni saya melihat secara dekat. tiket itu sudah habis namun masyarakat masih berbondong bondong untuk mendapatkan tiket,” ujarnya.

Diketahui dalam penyelenggaraan mudik lebaran tahun ini, telah terbentuk Posko Angkutan laut yang beranggotakan beberapa stekholder yang terkait yakni KP3 Laut, Basarnas, TNI AD,TNI AL, karantina Hewan, karantina Tumbuhan, karantina Kesehatan, dan seluruh Operator pelayaran, Pelni, ASDP, Temas, Spil. Dimana KUPP bertindak sebagai kordinator kegiatan tersebut. [rich]

ID:2487 Responsif

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below