Ini Hasil Sidak TPID Papua Jelang Idul Fitri

Ini Hasil Sidak TPID Papua Jelang Idul Fitri
TPID Papua melakukan sidak di sejumlah tempat di Kota Jayapura.

JAYAPURA (PAPOS) – Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Papua dipimpin Asisten I Setda Provinsi Papua, Doren Wakerkwa melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah tempat guna memastikan ketersediaan dan kestabilan bahan pokok (bapok) menjelang Idul Fitri 1440 H.

Adapun tempat yang disidak diantaranya kantor PLN Papua dan Papua Barat, kantor Pertamina MOR VIII Maluku – Papua, gudang Perum Bulog Papua dan Papua Barat, Hypermarket Jayapura dan gudang distributor bapok.

Wakil Ketua TPID Provinsi Papua yang juga Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua, Joko Supratikto mengatakan, dari hasil sidak tersebut ditemukan kenaikan harga beberapa komoditas seperti cabai merah, namun komoditas yang lainnya masih terjaga seperti bawang merah, telur ayam, daging ayam dan daging sapi.

Sementara dari hasil kunjungan ke gudang Perum Bulog Papua dan Papua Barat yang ada di kawasan Tasangkapura, Joko memastikan ketersediaan beras mencukupi sampai tiga bulan ke depan.

“Tidak ada yang dikhawatirkan dengan ketersediaan bapok menjelang Idul Fitri ini, termasuk juga tadi kita ke Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina, ketersediaan mencukupi. Juga kita sidak ke kantor PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat untuk memastikan keandalan listrik menjelang dan selama Idul Fitri,” jelas Joko di kantor Perwakilan BI Provinsi Papua, Rabu (29/5/2019).

Secara umum, kata Joko, TPID Papua meyakini bahwa sampai dengan berakhirnya libur Idul Fitri tahun ini seluruh harga bapok terjamin tidak mengalami gejolak yang tidak dapat dijangkau oleh masyarakat.

“Kalaupun nanti ketersediaan bapok kurang di pasaran, TPID akan berkoordinasi dengan Satgas Pangan, apakah ada permainan disitu, kalau ada berarti ada hukumnya, tetapi kalau memang kelangkaan barang karena distribusi kurang lancar, kami akan koordinasi lebih lanjut dengan para distributor,” ucapnya.

Asisten I Setda Provinsi Papua, Doren Wakerkwa menyampaikan masyarakat tidak usah khawatir terhadap ketersediaan bapok, BBM dan listrik, sebab seluruh kebutuhan bapok tersedia.

Pada kesempatan tersebut, Doren berpesan kepada masyarakat agar tetap menjaga kedamaian di Papua, saling menghormati sesama pemeluk agama yang ada di Provinsi Papua. (Syahriah)

ID:2487 Responsif

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below