540 Petugas Disiagakan untuk Mengamankan Pasokan Listrik

540 Petugas Disiagakan untuk Mengamankan Pasokan Listrik

JAYAPURA (PAPOS) – PT PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIW P2B) menyiagakan 540 petugas untuk mengamankan pasokan listrik selama Idul Fitri 1440 H.

General Manager PLN UIW P2B, Ari Dartomo mengatakan, pihaknya telah melaksanakan gelar pasukan di masing-masing Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) untuk mengecek kesiapan petugas dan peralatan Standar Operasional Prosedur (SOP) serta jadwal petugas siaga menjelang, saat dan setelah Idul Fitri.

“Sebelumnya PLN juga telah melakukan pemeliharaan jaringan dan pembangkit di seluruh wilayah kerja PLN UIW P2B sebagai upaya mengantisipasi gangguan yang tidak diinginkan,” ujar Ari.

Ditambahkan, khusus untuk system Manokwari, beberapa waktu lalu PLN mengalami defisit daya. Hal ini diakibatkan oleh lepasnya pembangkit Excess Power 10 MW dari sisten milik SDIC.

“Saat ini PLN telah melakukan penormalan pada sistem kelistrikan Manokwari dengan penambahan mesik kapasitas 10 MW yang telah beroperasi Senin (27/5/2019),” imbuhnya.

Dikatakan, saat ini Papua memiliki total daya mampu 198,47 Megawatt (MW) dengan beban puncak 153,7 MW sehingga terdapat cadangan daya sebesar 44,77 MW.

“Sementara, di Papua Barat memiliki daya mampu sebesar 103,87 MW dan beban puncak 89,44 MW dengan cadangan daya 14.43 MW,” jelas Ari, di kantor PLN UIW P2B, Selasa (28/5/2019).

“Secara keseluruhan sistem kami siap untuk mengamankan pasokan listrik saat Idul Fitri nanti. Memang ada beberapa daerah yang saat ini mengalami defisit daya, namun kami sedang mengusahakan perbaikan dan solusi terbaik atas kondisi tersebut,” sambungnya.

Sebelumnya, Manager PLN UP3 Jayapura, Salmon Kareth mengatakan, secara sistem aman dan sangat siap apabila tidak ada kendala external seperti gangguan alam.

Salmon menyebut, daya terpasang di PLN UP3 Jayapura sebesar 190 MW, daya mampu 115 MW dengan beban puncak tertinggi 74,1 MW, cadangan daya sebesar 40 MW apabila PLTA Genyem dan PLTU Holtekamp serta PLTD Waena digabungkan maka dapat beroperasi maksimal. (Syahriah)

ID:2487 Responsif

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below