Akses Pembayaran Iuran JKN – KIS Semakin Luas

Akses Pembayaran Iuran JKN – KIS Semakin Luas

JAYAPURA (PAPOS) – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memberikan kemudahan bagi peserta untuk melakukan pembayaran iuran Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN – KIS) melalui kerjasama dengan bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN), bank swasta, jaringan ritel, jaringan outlet tradisional dan e-commerce.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Djamal Adriansyah mengatakan, hal itu dilakukan sejalan dengan perubahan transaksi pembayaran dari konvensional menjadi didgital.

Per 1 Mei 2019, jumlah kanal pembayaran iuran JKN – KIS mencapai 686.655 kanal. Kendati telah mencapai ratusan ribu kanal, namun Djamal mengaku jumlah tersebut belum sebanding dengan jumlah peserta JKN – KIS yang mencapai 200 ribu lebih.

“Tetapi hal itu tidak menjadi alasan lagi bagi peserta untuk tidak membayar iurannya karena tidak hanya perbankan, jaringan ritel dan jaringan outlet tradisional hingga e-commerce telah melayani pembayaran iuran peserta,” ucap Djamal, Rabu (29/5/2019).

“Kami berharap fasilitas yang didapatkan masyarakat sekarang kami sesuaikan sehingga tidak merubah pola masyarakat yang bertransaksi secara online,” sambungnya.

Sementara itu, di Papua kanal pembayaran iuran JKN – KIS dapat dilakukan di Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, Bank BCA, Maybank, Bank Muamalat, BTPN, Apotik K24, Kimia Farma, Kantor Pos Indonesia, Pegadaian, Gojek, Adira Finance, Bank Sinarmas, BRILink, Bank Papua dan melalui aplikasi Tokopedia serta aplikasi e-commerce lainnya. (Syahriah)

ID:2487 Responsif

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below