Era Banking 4.0, Bank Papua Melakukan Digitalisasi Produk

Era Banking 4.0, Bank Papua Melakukan Digitalisasi Produk
Pelayanan di Bank Papua.

JAYAPURA (PAPOS) – Memasuki era banking 4.0, PT Bank Pembangunan Daerah Papua (Bank Papua) melakukan digitalisasi produk-produknya.

Pemimpin Divisi Teknologi Informasi Bank Papua, Andreas Didik Wijayanta mengatakan bahwa digitalisasi telah dilakukan untuk produk mobile banking, sms banking dan akan meningkat ke internet banking untuk mendukung Cash Management System (CMS) pemerintah daerah dan mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

“Ini merupakan instruksi Presiden dan dilaksanakan oleh pemerintah daerah, Bank Papua sebagai mitra pemerintah daerah mendukung itu,” kata Andreas disela kegiatan pelatihan komputer bagi pengurus BP Klasis Port Numbay di aula SMK Negeri 1 Jayapura, Kamis (14/11/2019).

Ke depan, Bank Papua akan masuk ke financial technologi (fintech) untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan secara online yakni bekerjasama dengan perusahaan transportasi daring (dalam jaringan) seperti Gojek.

“Kita akan bekerjasama dengan Gojek untuk memanfaatkan fitur Gopay yang dimiliki Gojek dalam transaksi pembayaran pajak retribusi daerah seperti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Tentunya nanti ada aspek non teknis yang diselesaikan yakni bekerjasama dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) di kabupaten/kota, “ucap Andreas didampingi Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Bank Papua, Ellen Marande.

“Kalau CMS kas daerah sudah ada sebelumnya, terutama Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) online, Bank Papua sudah mendukung penuh, “sambungnya. (Syahriah)

ID:2487 Responsif

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below