Dinas Pertanian Dan Pangan Siapkan Pangan Lokal Untuk PON

Dinas Pertanian Dan Pangan Siapkan Pangan Lokal Untuk PON
Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua Semuel Siriwa

JAYAPURA [PAPOS] – Jelang pelaksanaan PON XX Papua tahun 2020, Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Pertanian dan Pangan ProvinsI Papua akan menyiapkan pangan lokal untuk dikonsumsi pada ivent olahraga empat tahunan tersebut.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua Semuel Siriwa kepada wartawan, Jumat (6/9) mengatakan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan pangan untuk atlet dan official pada PON mendatang.

“Walaupun kami belum mendapatkan apa yang menjadi menu pada PON nanti tetapi kami menyiapkan seluruhnya saja, sebab berpikir kita tidak hanya menyiapkan untuk peserta PON saja tetapi bagaimana menyiapkan ketahanan pangan daerah,” Kata Siriwa.

Sebab saat ini kecenderungan masyarakat mengurangi mengkonsumsi nasi untuk daerah perkotaan dan memili umbi-umbian, tetapi justru terbalik untuk daerah perkampungn justru masyarakat lebih memilih mengkonsumsi beras sejak tahun 2001 meninggalkan umbi – umbian.

“Kita sosialisasikn hal ini, karena bagaimanapun juga sebab produksi beras untuk naik ke wilayah pegunungan biaya cukup besar, untuk komoditas pangan kita mendorong semua komoditas pangan tinggal memilih pada saat PON,” Tandasnya.

Mengenai ketersedian beras, Siriwa menyebut tidak ada masalah mengenai ketersedian pangan saat ini terutama untuk menghadapi PON, sebab beberapa komoditas seperti beras sudah siap.

“Kami sudah menyiapkan program yang bersumber dari dana APBN pada seluruh cluster untuk pengembangan Hortikultura pada beberapa komoditas seperti buah-buahan dan sayur sayuran,” Terangnya.

Sementara untuk ketersedian daging serta beras, Siriwa mengatakan saat ini tidak ada masalah. Sebab, stok beras yang disuplai dari Merauke tidak ada masalah.

“Akomodasi saja yang perlu dipikirkan OPD terkait untuk memikirkan transporasi dan kalau kebijakan pak Gubernur akan menggunakan produk lokal, kami sementara mempersiapkan,” Katanya lagi.[tho]

ID:2487 Responsif

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below