by

Kementerian PUPR Belum Mimiliki Data Rill Tempat Usaha dan Rumah Yang Dibakar Massa

-Info Papua-688 views

JAYAPURA [PAPOS] – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI belum memiliki data rill terkait tempat usaha dan rumah warga yang dibakar dan dirusak saat demo anarkis di Kota Jayapura, Kamis (29/8) pekan lalu.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Basuki Hadi Muljono, Selasa (3/9) saat ditemui pers di ruang VIP Room Bandara Sentai mengaku, akan meninjau langsung perkantoran, tempat usaha dan rumah warga yang dibakar dan dirusak massa saat demo anarkis.

“Jadi kunjungan kami untuk melihat langsung kerusakan kejadian demo kemarin. Mudah mudahan kalau sudah di inventarisasi dan di identifikasi bisa cepat ditangani,” ungkap Basuki.

Dikatakan, dalam peninjauan ini didampingi langsung oleh Dinas PUPR Provinsi Papua dan Satker Balai Jalan Jembatan dan juga Sungai.
“Semuanya kita akan lihat kantor pemerintahan, ruko dan rumah warga yang dibakar,” katanya.

Terkait jumlah bangunan yang ludes terbakar dan rusah, Basuki menegaskan, belum mempunyai data riil terkait jumlah bangunan yang dirusak.
“Khusus untuk bangunan rumah, nanti saya sudah koordinasi Kepala BNPB juga Setkab, jadi nanti BNPB akan berikan stimulan berupa bantuan,”jelasnya.

Dia menambahkan, untuk pembangunan kembali kantor pemerintahan yang rusak akan dianggarkan dalam dan APBN.
Seperti diketahui demo kecam rasisme terhadap mahasiswa Papua di Surabaya berlangsung anarkis. Ribuan massa yang melakukan aksi longmarch melakukan pelemparan, pembakaran dan penjarahan terhadap tempat usaha (toko,kios,rumah makan), kantor pemerintahan dan rumah warga yang berada di sepanjang jalan yang dilaluinya mulai dari kawasan lingkaran Abepura, Kotaraja,Entrop, Argapura, Pelabuhan,taman Imbi, APO, hingga ke arah Dok.[tho]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed