by

Legislatif Soroti Minimnya Pengelolaan Aset Milik Pemprov

JAYAPURA [PAPOS] – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Papua menyoroti minimnya pengelolaan sejumlah aset milik Pemerintah Provinsi Papua.

Hal ini diungkapkan Ketua Komisi III Bidang Anggaran DPR Papua, Benyamin Arisoy dalam rapat bersama mitra kerja yang dihadiri Sekda Papua, Dance Yulian Flassy di Jayapura, Kamis (18/3/2021).

Menurut Benyamin Arisoy, jika aset milik Pemprov dikelolah dengan baik, maka dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Sebab hingga saat ini ketergantungan pemerintah terhadap fiskal dari pemerintah pusat masing sangat tinggi,” Kata Benyamin Arisoy.

Arisoy mengaku hingga saat ini sumbangan PAD hanya 12 persen dari APBD Provinsi, artinya 88 persen merupakan dana transfer pusat.

“Nah inilah bagaimana kita mendorong supaya PAD meningkat. Salah satunya melalui pengelolaan aset daerah secara baik,” Ujarnya.

Lanjutnya, sejumlah aset yang merupakan milik pemerintah hingga saat ini tidak dikelola dengan optimal. Seperti sejumlah hotel milik pemda yang belum dikelola baik, sementara jika ada kerjasama dengan investor maka akan mendatangkan PAD.
“Kami minta dukungan Sekda supaya bisa mendorong OPD ,” tuturnya.

Ia menegaskan, pada prinsipnya legislatif memberi dukungan secara serius terhadap pengelolaan aset pemerintah seperti menginventarisasi aset yang dapat mendatangkan PAD.

“Di pemerintahan provinsi ini kan banyak orang hebat yang bisa melakukan pengelolaan terhadap aset kita yang ada,” imbuhnya.

Seperti tanah kawasan pasar Youtefa yang merupakan aset pemerintah provinsi. Namun sayangnya, saat ini banyak bangunan berdiri diatasnya tanpa memiliki sertifikat.

“Nah ini yang kita juga minta dukungan pak Sekda, supaya di dorong sehingga lakukan pengelolaan dengan baik. Kalau ini dilakukan, maka orang yang tinggal disitu bisa menyewa ke pemerintah daerah,” bebernya.

Sementara itu, Wakil Ketua III DPR Papua, Yulianus Rumbairussy menyatakan kegiatan rapat ini merupakan bagian tugas DPR bidang anggaran. Sehingga ada hal yang perlu dikomunikasikan dengan pemerintah sebagai mitra kerja.

“Kami berterima kasih karena Sekda sudah mau hadir dalam rapat ini,” ucapnya

Sekda Papua, Dance Yulian Flassy menyambut baik kegiatan rapat bersama Komisi III DPR Papua

“Jadi ke depan harus bersinergi. Sebab ini (program) bisa jalan kalau kita bangun komunikasi, sehingga semuanya bisa dilancarkan,” Tambahnya.[tho]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed