by

Pemprov Papua Peringati Hardiknas

JAYAPURA (PAPOS) – Pemerintah Papua menggelar upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023, Selasa (2/5/2023) di Lapangan Upacara SMU N 3 Buper Waena, Kota Jayapura, Papua.

Plt Asisten II Sekda Papua Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat, Suzana Wanggai bertindak sebagai pembina upacara.

Dalam sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim yang dibacakan Suzana Wanggai mengatakan pada kurikulum Merdeka saat ini, guru lebih bebas berinovasi di kelas.

“Guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi,” ujarnya.

Dirinya menyebutkan para guru sekarang berlomba lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Mengajar.

“Siswa-siswi kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka di nilai secara lebih holistik,” sebutnya.

Sejalan dengan kurikulum Merdeka, kata Wanggai lebih menekankan pembelajaran mendalam guna mengembangkan karakter dan kompetensi.

“Sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar,” katanya.

Dia menuturkan Hardiknas 2023 merupakan waktu yang tepat untuk merefleksikan kembali setiap tantangan.

Ia mengajak untuk semarakkan Hardiknas 2023 dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan.(tho)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed