by

Perolehan Medali Kormi Papua Signitifikan

-Olahraga-3,025 views

PALEMBANG (PAPOS) – Kontingen Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Papua harus puas bertengger di peringkat 16 perolehan medali pada Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI Palembang, Sumatera Selatan.

Walaupun hanya mampu finis diurutan 16, namun perolehan medali Kormi Papua sangat signifikan jika dibandingkan dengan FORNAS sebelumnya.

Dimama Kormi Papua berhasil mengumpulkan 45 medali, terdiri dari 16 emas, 14 perak dan 15 perunggu.

Dengan hasil ini tentu membuat Papua tak mampu memenuhi target masuk 10 besar sebagaimana yang diusung Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Papua.

Sekretaris Umum Kormi Papua Simson Rumbiak, ketika dikonfirmasi, Jumat (8/7/2022) di Palembang mengaku prestasi yang diraih pegiat Kormi Papua kali ini cukup membanggakan dibanding FORNAS sebelumnya.

“FORNAS tahun ini, Papua hanya mengikuti 14 induk olahraga dari 52 induk olahraga yang dipertandingkan,”kata Rumbiak.

Hal ini tentunya berbanding terbalik dengan provinsi lain yang mengikuti seluruh induk olahraga.

“Setelah kita melihat hasil Fornas VI, memang kita punya target masuk 10 besar tidak tercapai. Tapi catatan kita bahwa Papua hanya mengikuti 14 induk olahraga, berbeda dengan provinsi lain yang turun dengan 52 inorga”.

Dirinya menjelaskan bahwa ada sejumlah induk olahraga yang punya banyak jenis nomor tidak diikuti Papua, namun 14 Inorga yang ikut saat ini sudah sangat bagus hanya provinsi lain lebih siap dan turun dengan banyak induk olahraga.

“Kedepan, Kormi Papua akan lebih fokus pada jenis olahraga perorangan yang berpotensi meraih medali,”tandasnya

Sementara untuk nomor beregu, hanya kepada tim yang sudah berprestasi di iven olahraga rekreasi nasional.

“Mungkin kedepan kita tidak lagi bawa pegiat dengan induk olahraga yang kita belum tau kekuatannya,” tandas dia.

Diketahui, dari 14 induk olahraga KORMI Papua yang turun di Fornas Palembang, Beladiri Kempo Indonesia (BKI) terbanyak menyumbang medali dengan jumlah 28 (9 emas, 9 peran dan 10 perunggu).(tho)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed