Belasan Ruko di Kota Jayapura Ludes Dilahap Api

Belasan Ruko di Kota Jayapura Ludes Dilahap Api
Kebakaran sejumlah ruko di kawasan Paldam, Kota Jayapura, Senin (29/7/2019) sekitar pukul 19.30 WIT./Istimewa

JAYAPURA (PAPOS) – Belasan Ruko Puskop Kartika Cenderawasih Jalan Setiapura Kelurahan Gurabesi, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura ludes dilahap api sekitar pukul 19.30 WIT.

Api diduga berasal dari toko kelontong samping tukang cukur rambut dimana terdapat anak – anak yang diduga bermain korek api sehingga memicu kebakaran.

Salah seorang saksi Kurnia (47) yang juga pemilik toko kelontong Asri mengungkapkan melihat api yang diduga berasal dari kasur yang ada di toko kelontong.

Melihat kobaran api, Kurnia lalu meminta pertolongan kepada warga sekitar sambil memadamkan api dengan alat pemadam seadanya.

Namun api semakin membesar lantaran di toko tersebut terdapat barang – barang yang mudah terbakar.

Tak lama kemudian, tukang pangkas rambut dan karyawan toko emas Cenderawasih berusaha membantu memadamkan api dengan tabung pemadam kebakaran, namun api tidak bisa dipadamkan karena sudah membesar dan merembet ke toko toko yang berderetan dengan toko kelontong Asri.

Api baru berhasil dipadamkan pada pukul 23.00 WIT setelah 2 Unit Mobil Pemadam kebakaran tiba di TKP langsung membantu proses pemadaman api di tambah 4 Unit mobil tangki air tiba di lokasi kejadian kebakaran yang langsung membantu proses pemadaman.

Sekitar pukul 20.15 WIT 1 Unit Mobil Water Canon Polda Papua tiba di lokasi kebakaran juga membantu proses pemadaman.

Api mulai dapat dipadamkan dengan menggunakan bantuan 4 Unit Mobil Pemadam kebakaran milik Pemot Jayapura dibantu 4 unit mobil tangki air dan 1 unit mobil Water Canon Polda Papua.

Adapun kerugian yang di akibat kebakakaran 1 petugas pemadam kebakaran mengalami luka dibagian mulut akibat kejatuhan reruntuhan kayu.

Sementara kerugian materiil diperkirakan mencapai Rp 1,5 miliar. Adapun kerugian materiil berupa 11 ruko dan 1 gudang sembako milik Toko Yohan.

Ruko yang ludes dilahap api diantaranya Toko Emas Senang, Toko Emas Laju, Toko Emas Cenderawasih, Toko busana, kios kecil, toko parfum Adira, pangkas rambut, penjahit pakaian Perdana, Apotik Kimia Farma, Kios/warung nasi kuning, kios kelontong Asri, gudang sembako Toko Yohan.

Kasus kebakaran tersebut dalam proses penyelidikan pihak kepolisian, sementara situasi di lokasi kejadian sudah berjalan aman tertib dan lancar. (Syahriah)

ID:2487 Responsif

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below