by

Dinkes Mamteng Siapkan Calon Mahasiswa Ikut Program Beasiswa Kedokteran

KOBAKMA (PAPOS) – Dinas kesehatan Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng) tengah menyiapkan calon mahasiswa untuk mengikuti seleksi program beasiswa kedokteran kerja sama dengan kementerian kesehatan.

Saat ini anak-anak asli Kabupaten Mamberamo Tengah itu tengah digembleng di Kota Jayapura.

Kepala Dinas Kesehatan Mamberamo Tengah,Dotius Doga mengatakan,program beasiswa kodokteran tersebut, merupakan hasil pertemuan dengan Menteri Kesehatan dan tindak-lanjut dari MoU PLT Bupati Mamteng dengan Kementerian Kesehatan saat HKN di Distrik Ilugwa, November tahun lalu.

“Kami telah menemui menteri kesehatan di Jakarta,3 Mei 2023 lalu.Hasilnya, Kementerian Kesehatan menyetujui alokasi beasiswa kedokteran bagi calon mahasiswa Kabupaten Mamberamo Tengah,”ujar Kadis Kesehatan Dotius Doga didampingi Kabid Kesmas Helda Wali,Kabid SDK Peki Wanimbo dan Kabid Yankes Maran Aut di kantor Dinas Kesehatan Mamberamo Tengah di Kobakma,Provinsi Papua Pegunungan,Selasa (16/5/2023).

Menurutnya,alokasi program beasiswa untuk anak-anak asli kabupaten Mamberamo Tengah sebanyak dua puluh orang.

Dari alokasi beasiswa kedokteran sebanyak dua puluh orang tersebut,sepuluh orang untuk program dokter umum.Dan sisanya sebanyak, sepuluh lagi adalah dokter gigi.
Untuk itu,dia meminta anak-anak asli Mamberamo Tengah untuk belajar dengan sungguh-sungguh agar pada saat mengikuti seleksi nantinya bisa lulus.

Kabid Kesmas Helda Wali memberikan apresiasi kepada kementerian kesehatan yang sudah menyetujui program beasiswa kedokteran bagi calon mahasiswa asal Kabupaten Mamberamo Tengah.

Selain 20 anak yang akan mendapatkan beasiswa kedokteran, menurut Helda,dalam tahun ini juga,dinas kesehatan akan mengirimkan 2 orang dokter untuk mengambil spesialis.

“20 anak yang mendapat beasiswa tersebut,merupakan suatu keberhasilan dinas kesehatan,”ujarnya.

Dia berharap,tahun depan jumlah calon mahasiswa yang mengikuti seleksi program beasiswa kedokteran bisa bertambah.

“Kami akan bekerja sama dengan dinas pendidikan,tentu harapannya,dinas pendidikan dapat meningkatkan mutu, sehingga lebih banyak anak-anak Mamberamo Tengah yang lulus,”imbuhnya.(redaksi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed